Cuaca Panas Bikin Listrik Padam

Cuaca Panas Bikin Listrik Padam
Cuaca Panas Bikin Listrik Padam

jpnn.com - BALIKPAPAN-Cuaca panas terik yang melanda Kota Minyak dalam sebulan terakhir turut menjadi penyebab gangguan listrik di beberapa daerah. Ini lantaran isolator milik PLN mengalami penggaraman atau tertutup debu.

Ditambah dengan embun pagi yang melekat pada debu tersebut menyebabkan listrik masih bisa menembus isolator.

"Memang dalam beberapa hari terakhir beberapa kali ada gangguan di beberapa daerah. Tapi sifatnya tidak pemadaman secara masif. Selain karena gangguan isolator, beberapa kali juga masih ada tiang yang tertimpa pohon," kata Manajer PLN Area Balikpapan Priyo Wurianto.

Ia menambahkan, secara umum pembangkit dalam kondisi aman. Sehingga tidak terjadi pemadaman yang disebabkan kekurangan daya.

"Untuk gangguan yang sifatnya mendadak, kami targetkan perbaikan maksimal tiga jam sudah rampung dan bisa menyala lagi," tambahnya.

PLN terus melakukan perawatan jaringan untuk menjaga keandalan distribusi listrik. Namun, saat ini perawatan jaringan dijadwalkan hanya setiap Sabtu.

Tak hanya itu, keandalan Sistem Mahakam yang menopang keperluan listrik Balikpapan, Samarinda, Kukar dan sekitarnya dipastikan juga bertambah jika PLTG Sanipah dengan kapasitas 2x41 megawatt (MW) masuk sistem.

"Saat ini uji coba terus berlangsung dan masih dalam proses pembersihan mesin dan turbin. Jika tidak ada kendala minggu depan pembangkit akan masuk sistem untuk uji coba pembebanan," ujarnya.

BALIKPAPAN-Cuaca panas terik yang melanda Kota Minyak dalam sebulan terakhir turut menjadi penyebab gangguan listrik di beberapa daerah. Ini lantaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News