Tahun Depan BLT Dikirim Lewat E-Money

Tahun Depan BLT Dikirim Lewat E-Money
Tahun Depan BLT Dikirim Lewat E-Money

jpnn.com - JAKARTA – Pemerintah tengah berupaya untuk mempersingkat proses pemberian bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat.

Program yang tengah dikaji saat ini adalah pengiriman melalui sistem perbankan atau e-money. Rencananya, seluruh jenis BLT akan diberikan melalui e-money pada tahun depan.

“Bank Indonesia memang tengah mempersiapkan penyaluran seluruh BLT menggunakan e-money,” ujar Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial (Kemensos) Hartono Laras.

Ia menuturkan, untuk saat ini sendiri sudah ada beberapa bantuan yang diberikan melalui uang elektronik tersebut. Jenis bantuan itu antara lain, bantuan untuk para pahlawan dan perintis kemerdekaan. Hartono menilai penyaluran menggunaka e-money ini cukup efektif.

Sebab, para penerima bantuan bisa mengambil uang santunan mereka kapanpun tanpa perlu mengantri panjang.

Tapi meskipun demikian, ia meminta pemerintah untuk mempertimbangkan kembali jika ingin langsung diterapkan sepenuhnya tahun depan. Pasalnya, belum seluruh wilayah di Indonesia terjangkau oleh sistem perbankan. Tidak bisa ditampikkan, jika masih banyak wilayah terpencil yang jauh dari bank.

“Selain itu, sistem datanya sendiri harus memadai. Harus dipersiapkan betul,” tandasnya.

Senada dengan Hartono, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono juga meminta agar rencana itu dipertimbangakan. “Tidak semua daerah ada perbankannya,” katanya.

JAKARTA – Pemerintah tengah berupaya untuk mempersingkat proses pemberian bantuan langsung tunai (BLT) ke masyarakat. Program yang tengah dikaji

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News