KMP Sudah Siapkan Nama-nama Ketua Komisi

KMP Sudah Siapkan Nama-nama Ketua Komisi
KMP Sudah Siapkan Nama-nama Ketua Komisi

jpnn.com - KUNINGAN - Kesuksesan koalisi merah putih (KMP) di DPRD Indramayu yang menyikat habis semua jabatan alat kelengkapan dewan, besar kemungkinan juga akan terjadi di Kabupaten Kuningan.

Di DPRD Kuningan sendiri ada empat jabatan ketua komisi yang diperebutkan, satu ketua badan kehormatan (BK) dan ketua badan legislasi (Banleg).

Kabarnya, sejumlah fraksi yang tergabung dalam KMP sudah memplot nama-nama jagoannya untuk menduduki jabatan ketua komisi, ketua BK dan ketua Banleg.

Fraksi yang tergabung dalam KMP menguasai DPRD Kuningan dengan total 32 kursi. Penyumbang terbanyak kursi di koalisi ini adalah PAN sebanyak 8 kursi, disusul Golkar 7 kursi, Demokrat sebanyak 5, PKS juga 5 kursi, Gerindra 4 kursi serta PPP 3 kursi.

PPP memilih bergabung dengan Gerindra sehingga makin menguatkan posisi KMP.

Jika dalam pemilihan ketua komisi, ketua BK dan ketua Banleg akhirnya dilakukan voting, maka Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang beranggotakan PDIP, PKB dan Nasdem tentu akan kalah jumlahnya oleh KMP.

Pemerhati politik, Syarifudin menilai, posisi KMP di parlemen daerah tak kalah kuatnya dengan di DPR RI. Kesolidan KMP sudah ditunjukkan dengan alotnya pembahasan tata tertib yang sudah hampir berjalan sekitar satu bulan.

“Gejala-gejala yang ditunjukkan oleh KMP dalam pergulatan politik di parlemen daerah, tak bisa dipandang sebelah mata. Walau koalisi mereka bersifat sementara, namun KMP ingin menunjukkan bahwa mereka bisa menguasai parlemen. Bisa saja jabatan semua alat kelengkapan dewan dipegang KMP,” papar Syarifudin, kemarin. (ags)


KUNINGAN - Kesuksesan koalisi merah putih (KMP) di DPRD Indramayu yang menyikat habis semua jabatan alat kelengkapan dewan, besar kemungkinan juga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News