Kabut Asap Kacaukan Penerbangan

Kabut Asap Kacaukan Penerbangan
Kabut Asap Kacaukan Penerbangan

jpnn.com - JAKARTA – Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi masih lumpuh akibat pekatnya kabut asap. Hingga kemarin (12/10), belum ada maskapai penerbangan yang diizinkan lepas landas atau mendarat di bandara tersebut.

PT Angkasa Pura II sebagai pengelola bandara tak dapat memastikan sampai kapan aktivitas penerbangan akan lumpuh.

”Selama kepekatan asap tidak memungkinkan, aktivitas penerbangan akan tetap ditutup,” kata General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Thaha Jambi Dorma Manalu dalam keterangan resminya, kemarin.

Aktivitas penerbangan di bandara tersebut sudah lumpuh total sejak Jumat (10/10) lalu. Penyebabnya adalah kebakaran hutan yang titik apinya tersebar di beberapa daerah di pulau Sumatera. Upaya pemadaman api dengan helikopter belum membuahkan hasil.

Padahal pengeboman air dari udara telah ratusan kali dilakukan sejak kemunculan asap beberapa waktu lalu.

Malah gangguan asap semakin meluas. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan juga sempat menghentikan penerbangan, kemarin pagi. Pasalnya, jarak pandang atau visibility di landasan pacu hanya tersisa 100 meter. Tentu saja ini tidak aman bagi aktivitas penerbangan.

Pelaksana Tugas General Manager PT Angkasa Pura II Palembang Huzain Achmadi mengatakan, penutupan dilakukan pada pukul 08.00. Akibatnya, ada penerbangan domestik dan internasional yang terpaksa dibatalkan.

”Kabut asap ini yang terburuk dalam sebulan terakhir, sampai penerbangan harus disetop,” katanya.

JAKARTA – Aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin Jambi masih lumpuh akibat pekatnya kabut asap. Hingga kemarin (12/10), belum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News