Bayu Santoso, Mahasiswa ISI Jogja Pemenang Desain Kover Album Terbaru Maroon 5

Sempat Kehabisan Ide dan Konsep Lanjutkan Wajah Harimau

Bayu Santoso, Mahasiswa ISI Jogja Pemenang Desain Kover Album Terbaru Maroon 5
MUDA MENDUNIA: Bayu Santoso dengan karyanya wajah Harimau dengan huruh V di tengahnya yang memenangi cover album terbaru Maroon 5. Foto: Radar Jogja/JPNN

jpnn.com - Dunia desain dan musik Indonesia gempar setelah grup musik internasional Maroon 5 memilih rancangan sampul album terbarunya. Desain wajah harimau yang kaya ornamen dengan huruf V di tengahnya itu ternyata karya mahasiswa semester tiga Desain Komunikasi Visual Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta, Bayu Santoso.

DWI AGUS, Jogja

NAPASNYA masih tersengal-sengal saat bertemu Radar Jogja, Senin lalu (13/10). Sejenak duduk di kursi, dia pun menjelaskan alasannya terlambat datang ke sebuah kafe di Jogja siang itu. Meski demikian, senyumnya tetap mengembang saat memulai pembicaraan.

’’Maaf Mas tadi ban motornya bocor di daerah Lempuyangan. Akhirnya dipompa dulu terus didorong untuk sampai ke sini,’’ kata Bayu Santoso. Setelah memesan segelas es teh, Bayo Gale, sapaan akrabnya, mulai bercerita. Menurut dia, awal mula ikut kompetisi desain kover album Maroon 5 karena ajakan pacarnya, Bertha Rismarani. Sebagai sesama penggemar band yang dimotori Adam Levine itu, Bayo langsung mengiyakan ajakan sang pacar.

Untuk mendesain kover wajah harimau, Bayo melewati banyak tahapan. Pertama, dia mencari inspirasi dengan melihat kover album Maroon 5 sebelumnya. Kover-kover itu dia pelajari untuk melihat ciri khas dari band kesukaannya ini.

Wajah harimau dia pilih sebagai senjata utama mengikuti kompetisi ini. Di tengah proses penggarapan inilah masalah muncul. Bayo sempat kehabisan ide dan konsep untuk melanjut-kan wajah harimau itu.

Dalam proses pencarian inilah, alumnus SMKN 1 Kalasan, Sleman ini membuka buku lamanya. Ide muncul ketika dia melihat ragam ornamen nusantara. Ornament khas Jepara pun dia aplikasikan dalam desain wajah harimau ini.

’’Ornamen nusantara itu bagus, unik dan tentunya sangat mencirikan Indonesia. Akhirnya ornamen ini saya terapkan ke kuping harimau. Selain itu juga ada ornamen-ornamen gaya barat dalam desain ini,’’ kata pemuda kelahiran Jogjakarta 16 September 1994 itu.

Dunia desain dan musik Indonesia gempar setelah grup musik internasional Maroon 5 memilih rancangan sampul album terbarunya. Desain wajah harimau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News