Pesawat Haji Mendarat Darurat di Sri Lanka

Pesawat Haji Mendarat Darurat di Sri Lanka
Pesawat Haji Mendarat Darurat di Sri Lanka

jpnn.com - JAKARTA - Insiden pendaratan darurat pesawat haji menimpa rombongan jamaah kloter 14 embarkasi Solo. Rombongan jamaah yang diangkut pesawat Garuda (GA 6704) mendarat darurat di bandara Kolombo, Sri Lanka karena mengalami gangguan mesin.

Irjen Kemenag Mochammad Jasin saat dihubungi kemarin menuturkan, pesawat yang mengalami gangguan itu terbang dari Jeddah Selasa (14/10) sekitar pukul 13.00 waktu Saudi. "Kemudian malam hari saya dapat kabar pendaratan darurat itu," ujarnya.

Jasin bersyukur jamaah bisa melanjutkan penerbangan kembali menuju Solo siang kemarin waktu Sri Lanka. Jamaah kembali terbang setelah pesawat penjemput dari Solo tiba di bandara Kolombo. "Jadi pesawatnya beda," jelas Jasin.

Atas kejadian ini, Jasin mewakili jajaran Kemenag bersyukur karena jamaah masih diberikan keselamatan. Dia juga mengapresiasi pilot pesawat yang bisa mendeteksi dini gangguan mesin dan menentukan pilihan pendaratan darurat di bandara Kolombo.

"Ke depan, pengecekan kelayakan pesawat terbang pengangkut jamaah haji harus hati-hati," tutur Jasin. Dia berharap kru teknis maskapai melakukan pengecekan kondisi pesawat, khususnya mesin, dengan cermat. Jasin mengatakan, masukan ini demi menjaga keselamatan haji menuju Saudi atau saat kembali ke tanah air.

Penjelasan lebih teknis disampaikan Vice Presiden Corporate Communication PT Garuda Indonesia Pujobroto melalui pesan tertulis ke jajaran Kemenag. Dia mengatakan pesawat yang mengalami gangguan mesin itu Air Bus 330-200. Pesawat ini mengangkut 374 jamaah haji dari Kabupaten Salatiga dan Demak.

Dia menjelaskan selepas terbang dari Jeddah Selasa (14/10) sekitar pukul 13.00 waktu Saudi, pesawat dijadwalkan transit di bandara Minangkabau Padang kemarin dini hari pukul 02.15 WIB. Tetapi sebelum tiba di Minangkabau, pilot mendeteksi ada gangguan mesin. Akhirnya pesawat mendarat di Bandara Kolombo Sri Lanka pukul 21.53 waktu setempat. Setelah pemeriksaan darurat, jamaah diputuskan dibawa ke hotel terdekat.

Kemudian diterbangkan pesawat penjemput dari Solo kemarin pukul 07.00 WIB. Pesawat penjemput ini tiba di Kolombo pukul 10.30 waktu setempat. Setekah jamaah haji masuk semua, pesawat penjemput ini terbang menuju Solo pukul 12.30 waktu Kolombo. Dijadwalkan pesawat ini tiba di Solo pukul19.00 WIB tadi malam. (wan)

JAKARTA - Insiden pendaratan darurat pesawat haji menimpa rombongan jamaah kloter 14 embarkasi Solo. Rombongan jamaah yang diangkut pesawat Garuda


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News