Kurang Gerak Membahayakan Ibu Hamil dan Janinnya

Kurang Gerak Membahayakan Ibu Hamil dan Janinnya
Kurang Gerak Membahayakan Ibu Hamil dan Janinnya. Foto: IST

jpnn.com - BED rest seringkali disarankan untuk para ibu hamil. Sebab, istirahat akan membuat beberapa organ tubuh memproduksi hormon lebih cepat yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin.

Namun sebuah penelitian menemukan bahwa terlalu banyak bed rest saat hamil juga bisa membahayakan kesehatan ibu dan janin. Sayangnya hal ini jarang sekali diketahui oleh para ibu hamil.

"Kurangnya gerak tubuh bisa menyebabkan otot kaku dan tulang Anda keropos. Ditambah lagi bila Anda sering berbaring maka dapat meningkatkan risiko terjadinya pembekuan darah di kaki yang kemungkinan bisa berpindah ke paru-paru yang pastinya akan berakibat fatal untuk kesehatan tubuh Anda," kata peneliti Anthony Sciscione, seperti dilansir laman Daily Mail, Rabu (15/10).

"Kurang gerak juga bisa meningkatkan risiko wanita hamil untuk terkena penyakit diabetes gestasional atau diabetes yang terjadi selama masa kehamilan karena naiknya kadar gula darah," tambahnya lagi.

Istirahat memang sangat dibutuhkan selama masa kehamilan. Namun juga jangan sampai membuat Anda bermalas-malasan untuk bergerak. Tetap lakukan aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kehamilan anda seperti yoga dan berenang.(fny/jpnn)


Berita Selanjutnya:
Inilah 3 Penyebab Bau Badan

BED rest seringkali disarankan untuk para ibu hamil. Sebab, istirahat akan membuat beberapa organ tubuh memproduksi hormon lebih cepat yang bermanfaat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News