Kimia Farma Sudah Punya Strategi Hadapi MEA

Kimia Farma Sudah Punya Strategi Hadapi MEA
Kimia Farma Sudah Punya Strategi Hadapi MEA

jpnn.com - JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (Persero) menyatakan kesiapannya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Berbagai strategi pun telah dilakukan perusahaan BUMN itu demi menghadapi persaingan dalam MEA.

Direktur Utama Riset dan Pengembangan Bisnis Kimia Farma, Wahyuli Syafari mengatakan, pihaknya  bakal memperbaiki pabrik farmasi untuk menghadapi pasar Asean. "Tentu kita siap. Pabrik kita harus lebih  bagus pangsa pasarnya, salah satunya ya untuk menghadapi pangsa pasar Asean," ujar Wahyuli di kantor pusat Kimia Farma, Veteran, Jakarta, Kamis (16/10).

Strategi lain yang dilakukan Kimia Farma untuk menghadapi MEA adalah memperbanyak pengembangan obat generik. Sebab, hal itu jarang dilakukan perusaahan farmasi swasta lainnya.

Di samping itu, BUMN farmasi itu juga berencana memproduksi bahan baku obat. Hal itu dilakukan lantaran selama ini Indonesia masih mengimpor bahan baku pembuatan obat.

"Strategi kita yaitu kita kembangkan obat generik, karena kalau swasta kan branded-nya (obat paten, red). Kita juga akan memproduksi bahan baku, karena kelemahan kita di bahan baku. Selama ini mayoritas kita kan impor. Kalau punya bahan baku, itu bisa kita serap," tandasnya.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (Persero) menyatakan kesiapannya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015. Berbagai strategi pun telah dilakukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News