Nostalgia di Akmil, SBY Bakal Bermain Marching Band

Hari Ini Dijadwalkan Meresmikan Museum

Nostalgia di Akmil, SBY Bakal Bermain Marching Band
Nostalgia di Akmil, SBY Bakal Bermain Marching Band

jpnn.com - MAGELANG – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini dijadwalkan berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah. Rencananya, kepala negara yang bakal mengakhiri periode kepemimpinannya pada 20 Oktober itu akan bernostalgia ke Akademi Militer (Akmil). Di Akmil Magelang, SBY pernah mengenyam pendidikan militernya, dari 1970-1973.

Salah satu agenda SBY adalah meresmikan museum yang bakal diberi nama ”Paviliun 5 Tempat Taruna Ditempa Menjadi Pemimpin yang Teruji” di Kompleks Akmil. Paviliun ini menjadi tempat tinggal saat SBY menjadi Komandan Divisi Korps Taruna, yang sekarang lebih dikenal sebagai Komandan Resimen Korps Taruna.

Dalam kamar itu, SBY tinggal bersama salah satu rekannya. Paviliun ini sebenarnya terdiri dari dua ruangan. Yaitu, Ruang 5A dan 5B, plus satu kamar mandi. SBY tinggal di Paviliun 5A.

”SBY merupakan taruna terbaik pada 1973. Beliau juga Komandan Divisi Korps Taruna. Jadi beliau berhak menempati paviliun tersebut, yang kini akan dijadikan Museum Paviliun 5,” kata Kapenhumas Akmil, Letkol CAJ Suprayitno seperti dikutip Radar Jogja edisi hari ini.

Dalam museum itu terlihat beberapa foto-foto dan benda-benda semasa SBY mengenyam pendidikan di Akmil. Di antaranya, meja belajar, gantungan, kertas, dan lainnya. Ada juga sepeda onthel tua dan foto-foto SBY bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono semasa masih muda.

”Intinya, kami ingin pamerkan peralatan taruna pada saat itu, yang bisa mengantar Pak SBY menjadi pemimpin bangsa,” papar Suprayitno.

SBY didampingi Ani Yudhoyono dijadwalkan tiba di Akmil pukul 06.30 pagi tadi. Ia akan memberikan pengarahan dan silaturahmi pada jajaran TNI Kodam IV/Diponegoro di Stadion Sapta Marga Akmil.

”Beliau (SBY) memberikan pengarahan pada 11 ribu pra-jurit Kodam IV/Diponegoro sekaligus mungkin juga pamitan sebagai presiden,” jelas Mulyono, Kamis (16/10).

MAGELANG – Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini dijadwalkan berkunjung ke Magelang, Jawa Tengah. Rencananya, kepala negara yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News