Dahlan Harapkan Freeport Bangun Smelter di Samping Petrokimia

Dahlan Harapkan Freeport Bangun Smelter di Samping Petrokimia
Dahlan Harapkan Freeport Bangun Smelter di Samping Petrokimia

jpnn.com - JAKARTA - PT Freeport Indonesia diharapkan bisa membangun smelter di Gresik, Jawa Timur. Diharapkan, lokasi smelter perusahaan pertambangan terkemuka itu dibangun bersebelahan dengan pabrik PT Petrokimia.

Harapan itu disampaikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan. Menurutnya, jika Freeport membangun smelter bersebelahan dengan Petrokimia maka BUMN yang bergerak di bidang industri kimia itu bisa ikut memanfaatkannya. Sebab, sisa ampas yang dihasilkan Freeport bisa dibeli dan diolah kembali oleh Petrokimia untuk bahan baku pupuk.

"Saya dengar Freeport akan bangun smelter di Gresik, tapi lokasinya yang saya dengar lebih jauh. Saya berharap smelter baru itu dibangun Freeport di samping persis di sebelah Petrokimia. Kalau dibangun di dekat situ, ampasnya nanti akan kita beli langsung dari pipa pabrik dia (Freeport), daripada dibuang," kata Dahlan di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/10).

Karenanya demi kepentingan bersama, mantan Dirut PLN ini berharap pihak PT Freeport dapat memikirkan kembali lokasi pembangunan smelter itu agar bersebelahan dengan Petrokimia. Dahlan bahkan menjanjikan bakal menyediakan lahan bagi Freeport untuk membangun smelter di dekat Petrokimia.

"Kalah lahannya kurang, kita bisa sediakan lahan yang lebih besar sesuai keinginan Freeport. Meskipun itu haknya Freeport, tapi saya berharap kerjasama dengan Freeport perluasan smelter itu bisa dibangun di samping Petrokimia," harap dia.(chi/jpnn)

 


JAKARTA - PT Freeport Indonesia diharapkan bisa membangun smelter di Gresik, Jawa Timur. Diharapkan, lokasi smelter perusahaan pertambangan terkemuka


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News