Ikan Beracun Beredar di Pasar

Ikan Beracun Beredar di Pasar
Ikan Beracun Beredar di Pasar

PALANGKA RAYA – Matinya ribuan ikan di Sungai Rungan, Kecamatan Rakumpit, diduga sengaja diracuni pihak tidak bertanggung jawab. Dinas Pertanian Perikanan dan Peternakan (Distankanak) Kota Palangka Raya turun tangan.
    
Kepala Distankanak Palangka Raya Ikhwansyah menegaskan, pihaknya sudah membentuk tim untuk terjun ke sungai yang diduga tercemar racun sejenis endrin dan potas (kalium karbonat) tersebut.

“Kita sudah bentuk tim hari ini (kemarin, Red) akan diterjunkan ke lokasi, sekalian memberikan sosiasilasi agar masyarakat tidak meracuni ikan di sungai,” jelas Ikhwansyah kepada Kalteng Pos (Grup JPNN), Jumat (17/10).

Selain itu, tim juga akan mengambil sampel di pasar. Pasalnya, kata dia, ikan-ikan yang diracuni tersebut sudah beredar di pasaran.

“Kita juga akan ke pasar ambil sampel ikan, karena takutnya dan memastikan ada tidak yang dijual di pasar,” tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palangka Raya Siti Dahliah Noer menjelaskan, pihaknya siap memeriksa ikan sungai yang ada di pasaran, untuk memastikan tercemar racun atau tidak.

“Kalau memang dibutuhkan maka kita siap, karena ikan yang diracun menggunakan potasium dan sebagainya tentu berbahaya bagi kesehatan manusia,” jelasnya.
    
Meski ribuan ikan banyak mati di Sungai Rungan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Palangka Raya, Rawang, mengaku belum tahu di daerah tersebut ditemukan ribuan ikan mati. Meskipun ikan yang mati di daerah itu berlangsung sejak dua hari lalu.

Dikatakannya, jauh-jauh hari BLH telah melakukan uji laboratorium terkait kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) yang ada di Sungai Rungan dan Takaras. Hasil dari uji tersebut, kondisi air di daerah itu di atas baku mutu, sehingga kondisi sungai sangat keruh saat musim kemarau ini.

“Kalau matinya ikan secara massal, sepertinya memang diracun bukan karena kondisi kemarau dan air yang keruh,” kata Rawang.

PALANGKA RAYA – Matinya ribuan ikan di Sungai Rungan, Kecamatan Rakumpit, diduga sengaja diracuni pihak tidak bertanggung jawab. Dinas Pertanian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News