Brigjen Sumarjo Meninggal di Depan SBY

Brigjen Sumarjo Meninggal di Depan SBY
JANJI: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan pengarahan pada ribuan taruna, tentara, maupun pelajar soal arti penting perjuangan di Lapangan Sapta Marga Kompleks Akmil Magelang, Jumat (17/10). Foto: FRIETQI SURYAWAN/RADAR JOGJA/JPNN

jpnn.com - MAGELANG – Brigjen TNI Caprianus Sumarjo yang tergabung dalam marching band Genderang Suling Canka Lokananta menghembuskan nafas terakhirnya sebelum unjuk kebolehan di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jumat (17/10).  Anggota TNI dengan nomor registrasi pegawai 29041 dari Kesatuan Sesbalitbang Kementerian Pertahanan RI itu meninggal dunia saat akan tampil di depan panggung kehormatan Presiden SBY.

Seperti diberitakan Radar Jogja, sesaat setelah parade marching band dimulai, Sumarjo tiba-tiba terjatuh beberapa langkah dari titik start. Sumarjo yang pemegang instrumen seruling di marching band para perwira TNI itu terjatuh sekitar 10 meter jelang panggung kehormatan tempat SBY duduk.

Spekulasi tentang penyebab meninggalnya Sumarjo pun bermunculan. Ada yang menyebutnya meninggal karena pingsan. Ada juga yang bilang dikarenakan serangan jantung.

”Saya lihat ada salah satu ang-gota marching band tiba-tiba saja terjatuh. Ia ada di barisan belakang. Lalu petugas keseha-tan ramai-ramai menolongnya,” ungkap Watik, wartawati yang melihat kejadian tersebut, kemarin (17/10).

Sumarjo tinggal di Villa Melati Mas 1-11/29, RT 39/RW 09, Jelupang, Serpong Utara, Tangerang Selatan. Ia dibawa petugas kesehatan ke Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Tentara (RST) Kota Magelang. Kondisi perwira alumnus Akmil tahun 1980 ini sempat kritis, sebelum akhirnya meninggal dunia, pukul 11.05.

Jenazah Sumarjo disemayamkan di RST Kota Magelang, sebelum diterbangkan ke rumah duka di Jakarta melalui Bandara Adi Sutjipto Jogja, sekitar pukul 15.00.

Penampilan marching band merupakan rangkaian persembahan untuk SBY yang tak lama lagi mengakhiri masa jabatannya sebagai ke-pala negara. Kelompok musik ini beranggotakan ratusan alumnus Akmil. Mereka tampil sesaat setelah SBY memberikan pidato pengarahan dan berpamitan kepada puluhan ribu jajaran anggota TNI dan Polri dari berbagai satuan di Stadion Sapta Marga Kompleks Akmil, Magelang. (dem/hes/ong/jpnn)

MAGELANG – Brigjen TNI Caprianus Sumarjo yang tergabung dalam marching band Genderang Suling Canka Lokananta menghembuskan nafas terakhirnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News