Tips Buat yang Ingin Umur Panjang

Tips Buat yang Ingin Umur Panjang
Tips Buat yang Ingin Umur Panjang

jpnn.com - EMPAT dari lima orang dapat menghindari serangan jantung jika mereka berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, makan makanan sehat dan rutin melakukan olahraga. Dan tentunya dengan mengadopsi gaya hidup sehat ini secara dramatis dapat mengurangi resiko kematian dini akibat penyakit jantung.

Studi ini berlangsung hingga 11 tahun dan diikuti 20.721 pria Swedia yang sehat berusia 45 hingga 79 tahun. Studi ini menemukan penurunan yang jelas dalam risiko untuk serangan jantung untuk setiap faktor gaya hidup individu peserta.

Misalnya, melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi alkohol moderat, menyebabkan sekitar 35 persen risiko lebih rendah terkena serangan jantung dibandingkan dengan kelompok yang menerapkan gaya hidup tidak sehat. 

Pria yang menggabungkan diet berisiko sehat dan konsumsi alkohol moderat dengan tidak merokok, aktif secara fisik dan memiliki jumlah rendah lemak perut, dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung hingga sebesar 86 persen.

Para peneliti menemukan hasil yang sama pada pria dengan hipertensi dan kolesterol tingkat tinggi. "Hal ini tidaklah mengherankan bahwa pilihan gaya hidup sehat akan mengakibatkan penurunan serangan jantung," kata peneliti Profesor Agneta Akesson, seperti dilansir laman Daily Mail, Senin (19/10).

"Apa yang mengejutkan adalah bagaimana resiko serangan jantung menurun drastis karena faktor-faktor ini," katanya lebih lanjut.

Studi juga menemukan bahkan pada mereka yang sedang mengkonsumsi obat, jika mereka melakukan diet sehat maka resiko terkena serangan jantung juga turut berkurang. "Sebaiknya anda menerapkan pola hidup sehat ini sedari dini," pungkasnya. (fny/jpnn)


EMPAT dari lima orang dapat menghindari serangan jantung jika mereka berhenti merokok, mengurangi konsumsi alkohol, makan makanan sehat dan rutin


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News