Jokowi: Jalesveva Jayamahe, Semboyan Masa Lalu Harus Kembali

Jokowi: Jalesveva Jayamahe, Semboyan Masa Lalu Harus Kembali
Jokowi: Jalesveva Jayamahe, Semboyan Masa Lalu Harus Kembali

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menunjukan komitmen terhadap pembangunan sektor maritim dalam pidato perdananya sebagai kepala negara. Presiden RI ke-7 itu tegaskan bahwa Indonesia harus kembali jadi negara maritim.

"Kita sudah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, memunggungi selat dan teluk," kata Jokowi dalam acara pelantikan presiden dan wakil presiden di gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (20/10).

Menurutnya, Indonesia harus mampu mengembangkan peradaban yang khas. Dan ia menilai, peradaban berbasis maritim lah, paling cocok. "Jalesveva Jayamahe, di laut justru kita jaya, semboyan kita di masa lalu harus kembali lagi," tuturnya.

Dalam pidato itu, Jokowi juga sempat menganalogikan dirinya sebagai seorang nahkoda yang dipercaya memimpin kapal besar bernama Republik Indonesia. Ia mengajak semua elemen bangsa untuk ikut berlayar bersama menuju Indonesia Raya.

"Kita akan kembangkan layar, kita hadapi semua badai dan gelombang dengan kita sendiri," tegas Jokowi. (dil/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung menunjukan komitmen terhadap pembangunan sektor maritim dalam pidato perdananya sebagai kepala negara.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News