Air Zam-zam Menumpuk di Bandara Jeddah

Air Zam-zam Menumpuk di Bandara Jeddah
Air Zam-zam Menumpuk di Bandara Jeddah

jpnn.com - JEDDAH — Meskipun sudah disampaikan larangan untuk membawa air zam-zam selama penerbangan terutama di tas kabin, ternyata masih banyak jamaah haji yang membawa air zam-zam yang dibungkus dalam berbagai ukuran dan kemasan.

Sampai hari ini, hari ke-12 fase pemulangan jamaah haji, jumlah kemasan air zam-zam yang tidak dibawa oleh jamaah haji karena melebihi ketentuan batas minimal yang diperbolehkan semakin menggunung di plaza B dan plaza D Bandara KAIA Jeddah, Senin (20/10).

Ketua Sektor 1 Daker Jeddah Nur Arifin membenarkan tentang menggunungnya air zam-zam dan barang-barang lain milik jamaah di bandara.

“Setiap kloter datang, kami selalu menghimbau para jamaah haji untuk mengeluarkan air zam-zam yang disimpan di tas tenteng mereka. Kami sampaikan, serapi dan serapat apapun kemasannya, air zam-zam akan terlihat saat di x-ray,” ujarnya.

Nur Arifin juga meminta keikhlasan para jamaah hanya membawa satu tas tenteng dan satu tas paspor serta mengeluarkan alat-alat masak, mainan anak yang menggunakan baterai, pisau dan benda tajam lainnya.

Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar dan mempercepat pemeriksaan saat pemeriksaan barang.

Air zam-zam dan barang lainnya yang sudah menggunung selalu diangkut ke gudang PPIH Arab Saudi di Madinatul Hujaj, Jeddah.

“Air zam-zam yang tidak dibawa jamaah karena melebihi kapasitas akan dikumpulkan dan diambil oleh Ta’mil wa Ta’zil tiga hari sekali,” kata Kadaker Jeddah Ahmad Abdullah Yunus di sela-sela rapat evaluasi di kantor Teknis Urusan Haji Jeddah, Senin (20/10) dini hari.

JEDDAH — Meskipun sudah disampaikan larangan untuk membawa air zam-zam selama penerbangan terutama di tas kabin, ternyata masih banyak jamaah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News