DPR Diminta Tegakkan Disiplin

DPR Diminta Tegakkan Disiplin
DPR Diminta Tegakkan Disiplin
JAKARTA - Khawatir dengan semakin merosotnya citra lembaga DPR RI akhir-akhir ini, Ketua DPR Agung Laksono meminta kepada pimpinan fraksi-fraksi untuk menegakkan disiplin terhadap para anggotanya.

“Kita tidak ingin masa bakti yang tinggal hitungan bulan ini makin terpuruk dan makin disorot negatif oleh masyarakat berkaitan dengan kinerja dan pelanggaran Kode Etik, marilah kita bersama-sama berkomitmen untuk mengabdi kepada rakyat pada bulan-bulan akhir masa bakti kita,” tandas Agung ketika menyampaikan pidato Pembukaan Masa Persidangan III tahun Sidang 2008-2009 di Jakarta, Senin (19/1).

Masa bakti anggota DPR periode 2004-2009 akan berakhir pada tanggal 30 September 2009, selanjutnya pada tanggal 1 Oktober 2009 akan dilantik anggota DPR baru periode 2009-2014. Dengan demikian masa tugas DPR periode 2004-2009 tinggal delapan bulan sepuluh hari. Pimpinan Dewan dari Partai Golkar itu mengemukakan, dalam kesempatan ini perlu diingatkan soal kehadiran para anggota DPR dalam sidang-sidang Dewan. Sebab akhir-akhir ini diakuinya ada pernurunan jumlah kehadiran anggota yang telah menuai kritik sangat tajam, manakala media masa menampilkan kursi-kursi kosong, khususnya di Sidang Paripurna dan beberapa sidang komisi/pansus yang tidak mencapai korum dalam pembahasan RUU.

“Kita sangat paham bahwa anggota Dewan banyak memiliki tugas rangkap, lebih-lebih menghadapi Pemilu dimana anggota DPR yang menjadi caleg harus bertemu langsung masyarakat pemilihnya,” jelasnya. Tetapi diingatkan Pimpinan DPR itu agar tugas pokok sebagai anggota Dewan maupun sebagai wakil rakyat, merupakan tugas utama. Sebagaimana yang diatur dalam Pasal 6 ayat (1) tentang Kode Etik DPR bahwa anggota Dewan harus mengutamakan tugasnya dengan cara menghadiri secara fisik setiap rapat yang menjadi kewajibannya. “Pimpinan Fraksi diminta mengarahkan anggotanya untuk menegakkan disiplin dalam kehadiran rapat-rapat DPR,” tandas Agung. (Fas/JPNN)

JAKARTA - Khawatir dengan semakin merosotnya citra lembaga DPR RI akhir-akhir ini, Ketua DPR Agung Laksono meminta kepada pimpinan fraksi-fraksi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News