Sumbar Gelar Tour d' Singkarak 2009

Sumbar Gelar Tour d' Singkarak 2009
Sumbar Gelar Tour d' Singkarak 2009
JAKARTA – Bekerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sumatera Barat menyatakan siap menyelenggarakan sebuah helat besar yang memadukan olahraga, pariwisata dan budaya, yang akan berlangsung pada 29 April hingga 3 Mei 2009 mendatang. Iven yang akan digelar adalah balap sepeda internasional tiga etape sepanjang 456 km bertajuk "Tour d' Singkarak".

"Ini adalah iven besar yang akan digelar sepanjang tahun di Ranah Minang, guna mempromosikan Sumatera Barat sebagai daerah tujuan wisata," kata Dirjen Pemasaran Depbudpar, Sapta Nirwandar, saat launching dan jumpa pers "Tour d' Singkarak" bersama Wakil Gubernur Sumatera Barat Marlis Rahman dan Wakil Ketua Umum PB ISSI Sofian Ruzian di Balairung Sapta Pesona, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Jakarta, Senin (19/1).

Dijelaskan Sapta, Tour d' Singkarak akan menghadirkan sekitar 15 tim balap sepeda internasional dan sejumlah tim balap sepeda dalam negeri. Dimulai dari Kota Padang pada 29 April dan berakhir di pinggiran Danau Singkarak pada 3 Mei, balap sepeda ini juga didukung dengan berbagai iven, seperti fun bike 5000 sepeda unta diKota Padang, festival rakyat, persta kuliner, pacuan kuda di Sawahlunto dan puncaknya akan menghadirkan konser musik The Soul of Minangkabau kolaborasi musisi Dwiki Darmawan dengan STSI Padangpanjang.

Koordinator Balap Sepeda Internasional Asia, Jamaludin Mahmood (asal Malaysia) yang ikut hadir dalam acara launching mengakui Tour d' Singkarak memiliki konsep yang berbeda dari Tour d' Langkawi maupun Tour d' Java yang hanya focus ke olahraganya, sedang Tour d' Singkarak juga menyuguhkan atraksi budaya yang tentunya akan sangat diminati banyak orang.

JAKARTA – Bekerjasama dengan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sumatera Barat menyatakan siap menyelenggarakan sebuah helat besar yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News