Tes Doping Hanya untuk Empat Laga

Tes Doping Hanya untuk Empat Laga
Tes Doping Hanya untuk Empat Laga

jpnn.com - JAKARTA -  Bergulirnya kembali putaram kedua Babak Delapan Besar Indonesia Super League (ISL) 2014 hari ini berarti saatnya menagih janji PT Liga Indonesia (PT LI). Janji apakah itu?

Ada terobosan terbaru yang belum juga dijalankan operator penyelenggara kompetisi profesional Indonesia seperti ISL ini.

Terobosan yang masih jalan di tempat itu adalah tentang rencana tes doping kepada klub-klub kontestan Delapan Besar. Harusnya, tes doping tersebut sudah mulai dijalankan pada matchday kedua putaran pertama Delapan Besar dua pekan yang lalu. Namun, dengan berbagai alasan, itu bisa dimulai pada matchday keempat ini.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan PT LI melalui sekretarisnya, Tigorshalom Boboy.

"Mulai besok (hari ini, Red) dan lusa kami berlakukan (tes doping, Red). Tapi, hanya empat laga pada matchday keempat ini yang kami siapkan untuk tes doping, saya merasa empat laga saja sudah cukup," ujarnya kepada Jawa Pos di kantor PT LI, Kuningan, Jakarta, kemarin (20/10).

Sebenarnya, ada perubahan di balik berjalannya tes ini. Karena, awalnya PT LI melakukan tes di setiap laga Delapan Besar. Walaupun ada perubahan, Tigor menyebut untuk mekanismenya tidak akan ada perubahan lagi. Setiap pertandingan nantinya diambil enam sampling, tiga sampling untuk tim home, tiga lainnya tim away.

Prosesnya, dari 18 nama pemain yang masuk dalam daftar susunan pemain (DSP) akan diundi dulu. Dari situ akan diambil enam nama per klub, tiga nama untuk tes utama, sisanya cadangan.

"Lima belas menit sebelum laga berakhir, ditentukan siapa yang dites. Selanjutnya hasil sampling akan dikirimkan ke laboratorium," cetusnya.

JAKARTA -  Bergulirnya kembali putaram kedua Babak Delapan Besar Indonesia Super League (ISL) 2014 hari ini berarti saatnya menagih janji PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News