DPR Dukung Jokowi Ikuti Rekomendasi KPK Pilih Menteri

DPR Dukung Jokowi Ikuti Rekomendasi KPK Pilih Menteri
DPR Dukung Jokowi Ikuti Rekomendasi KPK Pilih Menteri

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih calon menterina berdasarkan rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Rekomendasi tersebut menurut Setya, harus jadi pertimbangan mendasar bagi Jokowi, agar tidak menjadi masalah di kemudian hari dalam pemerintahannya.

"Apa yang direkomendasikan KPK dan PPATK harus jadi bahan evaluasi dan pertimbangan dasar untuk memilih calon menteri. DPR tentu mendukung apa yang direkomendasikan KPK," kata Setya Novanto, di gedung DPR, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (21/10).

DPR lanjutnya, mengapresiasi kontribusi KPK dalam membantu Presiden Jokowi mendapatkan anggota kabinetnya yang bersih dan tidak punya potensi masalah hukum di kemudian hari.

Sementara Wakil Ketua DPR, Taufik Kurniawan menyatakan referensi KPK tentang calon anggota kabinet KPK adalah suatu realitas yang sebaiknya dipertimbangkan Jokowi. "Referensi KPK itu realitas yang jadi pertimbangan untuk Jokowi," ujar Taufik.

Setelah adanya rekomendasi KPK dan PPATK tersebut, menurut politisi PAN itu, giliran Presiden Jokowi mengambil keputusan. "Jadi, bagus saja konsultasi dengan KPK dan PPATK. Itu referensi agar terbuka, dan itu bagian dari transparansi. Semua harus kembali ke judgement politik Pak Jokowi," imbuh Taufik. (fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua DPR RI Setya Novanto mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memilih calon menterina berdasarkan rekomendasi Komisi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News