Pilkada Serentak Bakal Digelar Pekan Kedua September 2015

Pilkada Serentak Bakal Digelar Pekan Kedua September 2015
Pilkada Serentak Bakal Digelar Pekan Kedua September 2015

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 188 daerah pada tahun 2015, akan dilaksanakan di bulan September mendatang.

"Yang paling banyak didiskusikan adalah September. Tapi tanggalnya belum ada pembahasan. Kita perlu terus berkoordinasi, termasuk dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan juga pemerintah daerah masing-masing," kata Husni di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (21/10).

Husni merinci dari 181 daerah yang akan menggelar pilkada langsung di 2015, 181 di antaranya kabupaten/kota. Sementara 7 daerah lainnya untuk tingkat provinsi. Masing-masing Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Sulawesi Utara dan Bengkulu.

“Bawaslu usul ke KPU agar menetapkan terlebih dahulu tanggal pemungutan suara, baru setelah itu membahas pra dan pasca pemungutan suara," terangnya.

Komisioner KPU, Ferry Kurnia Rizkiyansyah, lainnya mengungkapkan waktu yang paling tepat untuk pelaksanaan pilkada serentak adalah pada Rabu pekan kedua bulan September 2015.

Alasannya, karena setiap pelaksanaan pemilu atau pilkada, biasanya dilaksanakan pada hari Rabu dan di pekan kedua. (gir/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, mengatakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 188 daerah pada tahun 2015,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News