Wakil Bupati Karawang Dicecar Pencucian Uang

Wakil Bupati Karawang Dicecar Pencucian Uang
Wakil Bupati Karawang Dicecar Pencucian Uang

jpnn.com - JAKARTA -  Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku dicecar penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang dugaan tindak pidana pencucian uang dan pengurusan ijin surat pernyataan pengelolaan lingkungan (SPPL) atas nama PT Tatar Kertabumi di Kabupaten Karawang. Keterangan itu disampaikan Cellica saat menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang yang menjerat Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nurlatifah di gedung KPK (21/10).

"Salah satunya yah masalah TPPU dari Pak Bupati. Keterlibatan tentang Pak Ade Swara dan keterlibatan saya soal SPPL," kata Cellica di KPK, Jakarta, Selasa (21/10).

Dia menyatakan, SPPL itu terkait dengan PT Tatar Kertabumi. Namun Cellica mengaku tidak dilibatkan dalam memberikan rekomendasi. "Saya tidak dilibatkan," tandasnya.

Dalam kasus dugaan pencucian uang, Ade dan Nurlatifah disangka melanggar Pasal 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pemberantasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana. Penyidik KPK menemukan dugaan adanya perbuatan menempatkan, mentransfer, membayarkan atau menitipkan atau mengubah bentuk terkait dengan  harta yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi.

Penetapan keduanya sebagai tersangka pencucian uang merupakan pengembangan  penyidikan dugaan pemerasan terkait pengurusan ijin SPPL atas nama PT Tatar Kertabumi di Kabupaten Karawang. (gil/jpnn)


JAKARTA -  Wakil Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku dicecar penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tentang dugaan tindak pidana


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News