Ini Penyebab Susah BAB yang Perlu Diketahui

Ini Penyebab Susah BAB yang Perlu Diketahui
Ini Penyebab Susah BAB yang Perlu Diketahui

jpnn.com - SUSAH buang air besar atau sembelit seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Banyak dari kita yang pernah mengalami sembelit namun tanpa tahu penyebab sebenarnya. Ada beberapa pemicu yang menyebabkan Anda susah buang air besar.

Secara umum, penyebab sembelit adalah kurangnya konsumsi air dan serat. Jadi, jika Anda termasuk orang yang gemar makan daging-dagingan namun jarang makan buah dan sayur, maka Anda rentan menghadapi masalah sembelit.

Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya mengapa Anda susah buang air besar, seperti yang akan diulas berikut ini:

1. Traveling

Saat Anda hendak melakukan perjalanan ke suatu tempat, hal terakhir yang Anda pikirkan adalah tentang berapa banyak perubahan diet dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda.

"Banyak orang memiliki pola makan mereka dengan jumlah serat yang sudah biasa mereka konsumsi," kata ahli gizi, Jordan Karlitz, MD, seperti dilansir laman Women's health, Selasa (21/10).

"Ketika mereka pergi berlibur maka mereka akan makan makanan yang dapat menyebabkan perubahan kebiasaan buang air mereka," kata Karlitz lebih lanjut.

Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda mendapatkan cukup serat seperti yang terdapat pada sereal dan buah.

SUSAH buang air besar atau sembelit seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Banyak dari kita yang pernah mengalami sembelit namun tanpa tahu penyebab

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News