Azwar Dukung Jabatan Wamen Dihapus

Azwar Dukung Jabatan Wamen Dihapus
Azwar Dukung Jabatan Wamen Dihapus

jpnn.com - JAKARTA--Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merampingkan posisi kabinetnya, salah satunya mengurangi jumlah wakil menteri, dianggap wajar.

Menurut Azwar Abubakar yang statusnya kini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) demisioner, posisi wamen bisa diadakan maupun tidak, tergantung menterinya.

"Kalau Pak Jokowi maunya cuma satu wamen yaitu Wamen Kementerian Luar Negeri, sah-sah saja. Yang paling utama kan menterinya," kata Azwar di kantornya, Jakarta, Rabu (22/10).

Seorang menteri, lanjutnya, harus menjadikan wamen sebagai partnernya dan bukan saingan. Sebab, posisi wamen untuk melengkapi tugas menteri. Jangan sampai wamen malah merasa di atas menteri karena lebih ahli atau pintar.

"Wamen itu penyeimbang karenanya jangan dianggap saingan. Begitu juga wamen jangan seperti ban belakang lebih keras daripada ban depan. Harus saling mengisilah," tuturnya.

Dia mencontohkan posisi WamenPAN-RB yang sangat men-support tugas menteri. "Saya ini sangat beruntung selama memimpin KemenPAN-RB didampingi wamen yang handal. Kita bukan saingan karena saya selalu menganggap wamen adalah partner saya," tandasnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk merampingkan posisi kabinetnya, salah satunya mengurangi jumlah wakil menteri, dianggap wajar.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News