Biaya Akreditasi Rp 2,05 Miliar

Biaya Akreditasi Rp 2,05 Miliar
Biaya Akreditasi Rp 2,05 Miliar

jpnn.com - SAMARINDA - Masa akreditasi 57 sekolah -- SD dan SMP -- di Samarinda bakal habis pada 2015. Jauh hari, Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/ Madrasah (BAP-SM) Kaltim meminta sekolah untuk segera mengajukan perpanjangan akreditasi.

 

Tiap tahun, kuota akreditasi yang dibiayai negara ini dibatasi. Sekolah yang akreditasinya kedaluwarsa tak bisa menggelar ujian nasional (UN) secara mandiri.

Di tingkat SD/MI sekolah yang masa akreditasinya habis tahun depan di antaranya, SD 02 Samarinda Ulu, SD 11 Samarinda Ilir, SD 03 Samarinda seberang, SD 05 Palaran, MI Sulamul Ulum Sungai Kunjang, dan SD 03 Sungai Kunjang.

Sedangkan SMP/MTs adalah, SMP 21 Samarinda Ilir, SMP 39 Samarinda Ulu, SMP Advent Samarinda Ilir, dan SMP IT Cordova Samarinda Ulu. Sementara itu, untuk tingkat SMA/SMK/MA data masih belum diketahui. (lihat grafis)

Sekretaris BAP-SM Kaltim Darwis mengatakan, pada 2014, Kaltim hanya mendapat jatah 314 sekolah di 15 kabupaten/ kota di Kaltim dan Kaltara untuk diakreditasi.   

"Akreditasi setiap tahun dibatasi. Jadi, jika merasa sudah mau habis segera daftarkan sekolah Anda," ucap Darwis, kemarin (22/10).

Menurut dia, pengajuan akreditasi sekolah bisa meningkatkan bisa juga turun, misalnya dari A ke B, bahkan tak jarang ada yang terjun bebas ke C. Darwis pun menyebut, terdapat 15 tahapan sebelum akreditasi sekolah sebelum disahkan. "Prosesnya terbuka dan dilakukan secara berkala baik sekolah negeri maupun swasta sekitar satu tahun," jelasnya.

SAMARINDA - Masa akreditasi 57 sekolah -- SD dan SMP -- di Samarinda bakal habis pada 2015. Jauh hari, Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/ Madrasah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News