Laporan Evaluasi Pemilu Seluruh Indonesia Ditarget Rampung Desember

Laporan Evaluasi Pemilu Seluruh Indonesia Ditarget Rampung Desember
Laporan evaluasi pemilu seluruh Indonesia ditarget rampung Desember. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik meminta jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota segera menyampaikan laporan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014, yang ditargetkan sudah diterima pertengahan Desember 2014 mendatang.

Nantinya setelah seluruh laporan diterima, KPU akan menyusunnya menjadi sebuah laporan evaluasi, sehingga bermanfaat bagi pelaksanaan pemilu-pemilu yang akan datang. Terutama terkait kekurangan-kekurangan yang sebelumnya terjadi.
 
"Disusun laporan secara detail dan menyeluruh. Kami menargetkan pertengahan Desember semua laporan dari KPU provinsi dan kabupaten kota yang sudah terperinci, sudah harus terkumpul," ujarnya dalam Rapat Kerja Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2014 di Batam, Kamis (23/10).
 
Menurut Husni, KPU telah melakukan seluruh proses tahapan pemilu secara transparan. Meski demikian, masih ada sebagian masyarakat yang mencurigai proses dan hasil Pemilu 2014 lalu. "(Kritik) yang kami terima itu menyangkut masyarakat masih curiga atas proses yang ada," ujarnya.
 
Dia mengatakan, kecurigaan sebagian masyarakat itu hanya berdasarkan asumsi. Contohnya seperti terkait permainan antara penyelenggara dan peserta pemilu. "Padahal secara kelembagaan kami mendesain pemilu ini agar memenuhi azas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil dan kami mengedepankan transparansi," ujarnya.
 
KPU menggelar rapat evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2014, sejak Rabu (22/10) hingga Jumat (24/10). Evaluasi penyelenggaraan pemilu merupakan amanat Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu.
 
Tujuan pelaksanaan evaluasi untuk memetakan permasalahan dan menarik pelajaran dari hasil, manfaat, dan dampak dari semua kegiatan pemilu. Evaluasi tersebut, kata Husni, akan menjadi koreksi, tindak lanjut dan rekomendasi bagi pimpinan KPU dalam penyusunan regulasi, perencanaan implementasi dan penganggaran pemilu yang lebih baik di masa mendatang. (gir/jpnn)


JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik meminta jajaran KPU provinsi dan kabupaten/kota segera menyampaikan laporan evaluasi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News