Anggap Antasari Azhar Layak Jadi Jaksa Agung

Anggap Antasari Azhar Layak Jadi Jaksa Agung
Anggap Antasari Azhar Layak Jadi Jaksa Agung

jpnn.com - JAKARTA - Sosok calon Jaksa Agung pengganti Basrief Arief masih menjadi pertanyaan. Sebab, saat ini Presiden Joko Widodo masih menggodok apakah Jaksa Agung harus dari kalangan internal atau eksternal Kejaksaan Agung.

Sejumlah nama dari kalangan internal dan eksternal disebut-sebut layak menduduki posisi itu. Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia, Boyamin Saiman menyebut sejumlah nama dari kalangan eksternal untuk menjadi Jaksa Agung. Di antaranya adalah Wakil Ketua KPK, Zulkarnaen dan Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) M. Yusuf.

Bahkan, bekas Ketua KPK Antasari Azhar yang kini mendekam di penjara karena divonis bersalah sebagai otak pembunuhan Direktur Utama PT Rajawali Nusantara Indonesia, Nasrudin Zulkarnain, juga disebut Boyamin layak menjadi Jaksa Agung.

"Kalau perspektif subjektif saya pribadi, Pak Antasari layak jadi Jaksa Agung. Dia sudah lengkap, pernah Ketua KPK," kata Boyamin dalam diskusi bertajuk "Mengukur Potensi Jaksa Agung dari kalangan Eksternal atau Internal" yang digelar Forum Wartawan Kejagung, di Kejagung, Kamis (23/10).

Hanya saja, kata Boyamin, saat ini Antasari masih di penjara. Namun bisa saja, Presiden Jokowi mengeluarkan amnesti dan kemudian mengangkat Antasari menjadi Jaksa Agung. "Bisa saja amnesti besok, kemudian beberapa hari berikutnya diangkat jadi Jaksa Agung," ungkap Boyamin.

Menurut Boyamin, saat ini ia sebagai pengacara Antasari juga tengah memperjuangkan amnesti untuk kliennya tersebut. Namun, ia membantah bahwa amnesti yang diperjuangkan itu bertujuan supaya Antasari bebas dan menjabat Jaksa Agung.

"Amnesti kepada Presiden lagi saya ajukan. Tapi, bukan untuk Jaksa Agung, melainkan untuk membebaskan Pak Antasari dari penjara karena kriminalisasi," papar Boyamin lagi.

Dia mengatakan, sosok Antasari merupakan orang dari dalam kejaksaan yang pernah berkarya di luar Korps Adhyaksa. Sehingga, sosok itu dianggapnya matang memahami sistem di dalam dan di luar kejaksaan.

JAKARTA - Sosok calon Jaksa Agung pengganti Basrief Arief masih menjadi pertanyaan. Sebab, saat ini Presiden Joko Widodo masih menggodok apakah Jaksa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News