'Si Pelempar Sepatu' Minta Suaka ke Swiss

'Si Pelempar Sepatu' Minta Suaka ke Swiss
'Si Pelempar Sepatu' Minta Suaka ke Swiss
JENEWA–Popularitas instan Muntadar al-Zaidi kini berbalik menjadi bumerang baginya. Jurnalis Iraq yang namanya melambung setelah melemparkan sepatu ke muka Presiden Amerika Serikat (AS) George W. Bush itu tidak bisa lagi hidup tenang di negaranya. Karena itu, dia memutuskan untuk mencari suaka ke Swiss.

 

Berita itu dibenarkan Maura Poggia, pengacara keluarga al-Zaidi, kemarin (19/1). ”Awal bulan ini, keluarganya menghubungi saya lewat Palang Merah Internasional (ICRC) dan saya akan segera meneruskannya ke kementrian luar negeri,” katanya, seperti dikutip harian La Tribune de Geneve. Dia juga bakal mendesak pemerintah Swiss mengabulkan permohonan Muntadar.

Alasan pria 29 tahun itu mencari suaka adalah keamanan. Meski dielu-elukan dunia Arab dan masyarakat Timur Tengah sebagai pahlawan, dia sadar tindakannya itu memancing amarah AS. Parahnya, sejumlah negara Arab dan Timur Tengah adalah boneka Negeri Paman Sam itu. Maka, ancaman keselamatan pun terus membayangi reporter stasiun TV Al-Baghdadia tersebut.

Sebagai negara netral, Swiss berpeluang memberikan suaka kepada Muntadar tanpa embel-embel apapun. Bukan sebagai negara pendukung AS atau Iraq. ”Selama ini, Swiss tidak pernah mau dilibatkan dalam konflik AS-Iraq. Mereka netral. Begitu menjadi warga Swiss, dia bisa bekerja sebagai wartawan PBB,” ujar Poggia dalam wawancara dengan Associated Press.

JENEWA–Popularitas instan Muntadar al-Zaidi kini berbalik menjadi bumerang baginya. Jurnalis Iraq yang namanya melambung setelah melemparkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News