Pabrik Tripleks Ludes Dilalap Api

Pabrik Tripleks Ludes Dilalap Api
Pabrik Tripleks Ludes Dilalap Api

jpnn.com - PASURUAN - Kebakaran hebat terjadi di wilayah Pasuruan kemarin sore. Sebuah pabrik penghasil bahan dasar kayu lapis (tripleks) milik UD Rahmad di Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, ludes dilalap si jago merah. 

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 16.30. Berdasar informasi yang dihimpun di lokasi, api muncul kali pertama dari ruang oven atau pemanas yang masih beroperasi. ''Tiba-tiba, api berkobar dari dalam ruang pemanas. Awalnya, kecil. Api kemudian membesar karena banyak limbah kayu,'' kata Zaenal, seorang karyawan pabrik.

Begitu api membesar, para pekerja langsung melapor kepada mandor pabrik untuk diteruskan ke polisi. Tidak lama kemudian, dua unit mobil pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi. Masing-masing milik PT HM Sampoerna, Sukorejo, dan PT Gudang Garam, Gempol.

Begitu mobil damkar tiba, petugas berusaha memadamkan api. Namun, usaha tersebut tidak berjalan mudah. Banyaknya material yang mudah terbakar membuat pemadaman berlangsung lama. Sekitar pukul 19.00, api baru dapat dipadamkan.

Soal penyebab kebakaran, Zaenal belum bisa memastikan. ''Penyebab pastinya, saya kurang tahu persis. Yang jelas, sekitar sepuluh tahun lalu, terjadi kebakaran di lokasi yang sama,'' tuturnya. Menurut dia, selain meludeskan material kayu, kebakaran tersebut mengakibatkan mesin tungku atau oven hangus. 

Polisi yang tiba di lokasi beberapa saat setelah kebakaran masih menyelidiki insiden tersebut. ''Kasus ini masih kami selidiki. Tetapi, ada dugaan kuat, api muncul karena korsleting atau kebocoran pipa oven saat pemanasan berlangsung,'' ungkap Kapolsek Prigen AKP Suyadi saat di lokasi. (zal/aad/dwi/mas/JPNN) 


PASURUAN - Kebakaran hebat terjadi di wilayah Pasuruan kemarin sore. Sebuah pabrik penghasil bahan dasar kayu lapis (tripleks) milik UD Rahmad


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News