43 Mahasiswa Diculik, Gubernur Guerrero Mundur

43 Mahasiswa Diculik, Gubernur Guerrero Mundur
43 Mahasiswa Diculik, Gubernur Guerrero Mundur

jpnn.com - CHILPANCINGO - Kasus hilangnya 43 mahasiswa di Kota Iguala, Meksiko, berbuntut panjang. Kemarin (24/10) Gubernur Negara Bagian Guerrero Angel Aguirre, 58, menanggalkan jabatannya. Sejak kasus hilangnya para mahasiswa tersebut mencuat, desakan agar Aguirre mundur memang sangat kuat. Keluarga dan orang dekat korban hilang terus mendesak Aguirre agar menuntaskan kasus itu. Sayangnya, hingga hampir sebulan tidak ada tanda-tanda mahasiswa yang raib pada 26 September lalu tersebut bakal ketemu dan kembali ke rumah. 

''Saya memutuskan meninggalkan jabatan saya,'' ujar Aguirre Kamis (23/10) saat konferensi pers. Politikus Partai Revolusi Demokiratik (PRD) tersebut berharap keputusannya itu bisa menciptakan iklim politik yang baik sehingga para mahasiswa bisa cepat ditemukan. Rencananya, pemilihan gubernur yang baru nanti berlangsung pada Juni 2015. 

Sehari sebelumnya, Rabu (22/10), jaksa penuntut umum Meksiko Jesús Murillo Karam memerintahkan penahanan Wali Kota Iguala José Luis Abarca, istrinya Maria de los Ángeles Pineda Villa, dan Kepala Polisi Iguala Felipe Flores Velásquez. Mereka dituding sebagai dalang hilangnya para mahasiswa tersebut setelah bentrok dengan polisi di Iguala. Namun, sebelum ditangkap, tiga orang itu sudah melarikan diri. 

''Perintah untuk berkonfrontasi dengan para mahasiswa tersebut datang dari Pusat Komando Departemen Kepolisian. Perintahnya langsung dari A-5, yaitu kode nama untuk wali kota Iguala,'' tegas Murillo.

Polisi diperintahkan untuk menahan mereka agar para mahasiswa tidak masuk kota. Sebab, Villa tengah mengadakan acara. Demo tersebut hanya akan merusak acara. Polisi yang ditunjuk untuk mencegat para mahasiswa itu menggandeng kartel obat-obatan terlarang Guerreros Unidos. (Reuters/AFP/BBC/sha/c15/ami)


Berita Selanjutnya:
Dua Tahun Pura-pura Koma

CHILPANCINGO - Kasus hilangnya 43 mahasiswa di Kota Iguala, Meksiko, berbuntut panjang. Kemarin (24/10) Gubernur Negara Bagian Guerrero Angel


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News