Burung Penabrak Dikira Itik

Burung Penabrak Dikira Itik
Burung Penabrak Dikira Itik
NEW YORK – Penyebab pendaratan darurat pesawat US Airways di Sungai Hudson, New York, pada Kamis lalu (15/1) terungkap. Berdasar catatan kotak hitam, pesawat kehilangan kendali akibat kedua belah mesin mati.

Seperti dilansir Associated Press, dari percakapan dengan pengatur lalu lintas udara, kapten Kapten Chesley "Sully" Sullenberger menjelaskan kalau mesin pesawat yang diterbangkannya mati karena ditabrak seekor burung besar berwarna coklat tua. Sully memilih mendaratkan di sungai karena dia tak mungkin kembali ke Bandara La Guardia atau mendarat di bandara terdekat, Teterboro.

Beruntung, berkat jam terbangnya yang sudah demikian tinggi, Sully bisa mendaratkan pesawat tanpa menyebabkan kematian semua yang ada di dalam pesawat, baik penumpang maupun kru.

Mengenai burung yang menabrak kokpit, Sully semula menduga itu itik. “Setelah tabrakan, tak lama berselang dia mencium bau terbakar dan kedua mesin pesawat perlahan-lahan mati,” kata Kitty Higgins, anggota Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB), setelah bertemu dengan Sullenberger di Hotel Manhattan, New York, kemarin.

NEW YORK – Penyebab pendaratan darurat pesawat US Airways di Sungai Hudson, New York, pada Kamis lalu (15/1) terungkap. Berdasar catatan kotak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News