Anggap Mata Tidak Spesial

Anggap Mata Tidak Spesial
Juan Mata. Foto: dailystar.co.uk

HENGKANGNYA Juan Mata dari Chelsea ke Manchester United pada jendela transfer Januari 2014 masih menyisakan misteri. Alasan utama kepindahan Mata waktu itu ditengarai karena hubungannya yang buruk dengan Manajer Chelsea Jose Mourinho.
    
Waktu itu, Mata yang terpilih sebagai pemain terbaik Chelsea dalam dua musim pertamanya, tidak mendapatkan tempat dalam skema main Mourinho.
    
Mantan pelatih Real Madrid dan Inter Milan itu lebih sering menempatkan Oscar sebagai playmaker. Mata, saran Mou, harus bisa beradaptasi di posisi lebih melebar. Gelandang Spanyol itu juga disarankan untuk bekerja lebih keras dalam bertahan.
    
Keputusan tersebut membuat  Mata kecewa. Produk akademi Real Madrid itu sering terlihat perselisihan dengan Mou. Dia tidak suka ditempatkan di posisi yang bukan merupakan favoritnya sejak level junior.
    
Alhasil Mata lebih banyak menghabiskan waktu di bangku cadangan. Karena tidak menemukan titik temu, Mou akhirnya memutuskan untuk melego Mata ke United, dengan harga sangat mahal GBP 37,1 juta (Rp 720,3 miliar). Pada 24 Januari 2014, Mata resmi menandatangani kontrak di Old Trafford hingga 2018.
    
Namun Mou mengatakan tidak memiliki masalah dengan mantan pemainnya tersebut. Pelatih 51 tahun itu memberikan respek yang besar kepada Mata.
    
"Juan adalah pemain yang sangat bagus. Saya melihat dia sebagai pemain hebat. Tetapi, saya tidak melihat dia pemain yang spesial karena beberapa alasan," ucap Mou kepada BBC.
     
Namun, Mou tidak menerangkan alasan-alasannya. "Dalam karir saya, ada 20 sampai 40 pemain yang karena beberapa alasan akhirnya kami jual atau si pemain memutuskan untuk pergi. Bagi saya, itu bukan masalah. Dia adalah pemain yang bagus dan pemain bagus selalu saja berbahaya," imbuhnya.   
    
Mou sekali lagi menegaskan bahwa tidak ada masalah antara dia dan Mata. Jika Mata mencetak gol melawan Chelsea, Mou juga santai saja.

"Intinya dia hanya melakukan tugasnya. Jika dia mencetak gol, ya itu pekerjaannya. Relasi kami masih bagus dan tidak ada masalah," paparnya. (nur/bas)


HENGKANGNYA Juan Mata dari Chelsea ke Manchester United pada jendela transfer Januari 2014 masih menyisakan misteri. Alasan utama kepindahan Mata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News