Jika Dikuasai Satu Budaya, Kabinet Trisakti Jokowi-JK tak Sah

Jika Dikuasai Satu Budaya, Kabinet Trisakti Jokowi-JK tak Sah
Jika Dikuasai Satu Budaya, Kabinet Trisakti Jokowi-JK tak Sah

jpnn.com - JAKARTA - Laode Ida menilai nama pemerintahan Jokowi-JK yakni "kabinet trisakti" sangat indah dan merupakan bagian dari agenda perjuangan Presiden Soekarno di awal-awal kemerdekaan.

"Intinya memastikan tegaknya tiga kekuatan utama. Berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi, dan beridentitas secara budaya," kata Laode Ida, Minggu (26/10).

Menurut mantan Wakil Ketua DPD RI Ini, tampilan politik kenegaraan dari Jokowi JK, seperti di dalam komposisi kabinetnya, harus menggambarkan latar budaya yang beragam dari seluruh indonesia. "Jika hanya didominasi dari kelompok budaya tertentu maka 'tidak sah' dikatakan sebagai kabinet tri sakti," tegasnya.

Laode mengungkap bahwa dia dapat sejumlah SMS dari jaringan tokoh asal timur Indonesia. Tidak diakomodasinya kader dari kawasan timur Indonesia, dianggap sebagai bentuk diskriminasi Jokowi-JK.

Jika itu benar, Laode Ida sangat menyayangkannya. Apalagi secara politik kawasan timur negeri ini merupakan lumbung perolehan suara Jokowi-JK. (fas/jpnn)

JAKARTA - Laode Ida menilai nama pemerintahan Jokowi-JK yakni "kabinet trisakti" sangat indah dan merupakan bagian dari agenda perjuangan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News