Larung Sesaji Puncaki Suroan

Larung Sesaji Puncaki Suroan
IRING-IRINGAN JODANG: Berbagai hasil bumi dilepas ke lautan di Balekambang Minggu (26/10). Foto: Doli Siregar/Jawa Pos

jpnn.com - MALANG – Momentum Satu Sura juga diperingati di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Minggu (26/10) ribuan warga menggelar larung sesaji. Berbagai hasil bumi seperti sayuran sampai buah-buahan dilepas ke lautan.

Peringatan Satu Sura di Balekambang sebenarnya dimulai sejak Sabtu malam (25/6) dengan menggelar wayang semalam suntuk. Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi larung sesaji pada Minggu pagi. Acara yang dipimpin Kepala Desa Srigonco Hermawan itu dimulai pukul 09.00 dengan sejumlah ritual dan doa-doa.

Kepala desa lantas memimpin hulubalang yang membawa bendera hitam-kuning serta pemuda-pemuda desa untuk mengarak sepuluh jodang, alat penyimpanan barang. Dalam acara larung sesaji kemarin, jodang dibentuk seperti rumah-rumahan persegi.

Di dalam jodang tersebut, tersimpan hasil-hasil bumi. Tetapi, bedanya larung sesaji di Balekambang, hasil bumi yang dilarung bukan hasil bumi yang sebenarnya. Kemudian, pada pukul 12.00 jodang-jodang tersebut dilarung ke Laut Balekambang.

Direktur Administrasi PD Jasa Yasa Asyari menyatakan, larung sesaji di Balekambang merupakan acara tahunan yang digelar untuk memperingati tahun baru Islam sekaligus wujud rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Esa. ’’Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-108,’’ tutur Asyari. Karena itu, larung sesaji tersebut akan menjadi agenda tahunan dalam promosi wisata Pemkab Malang.

Apalagi, dalam setiap penyelenggaraannya, larung sesaji selalu dihadiri ribuan orang. ’’Hari ini pengunjung Balekambang menembus angka 10 ribu orang. Baik masyarakat sekitar Balekambang, wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara,’’ katanya. (muf/JPNN/c19/any)


MALANG – Momentum Satu Sura juga diperingati di Pantai Balekambang, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Minggu (26/10) ribuan warga menggelar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News