Kursi 137 CPNS Mulai Diperebutkan 5.416 Pelamar Besok

Kursi 137 CPNS Mulai Diperebutkan 5.416 Pelamar Besok
Kursi 137 CPNS Mulai Diperebutkan 5.416 Pelamar Besok

jpnn.com - BALIKPAPAN - Kuota 137 formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Balikpapan tahun ini bakal diperebutkan 5.416 peserta. Besok, ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal dilaksanakan di SMK 1 Balikpapan, mulai pukul 08.00 Wita sampai 17.00 Wita. Menggunakan computer assisted test (CAT), hasil ujian akan langsung terpampang di layar LCD yang dipasang di luar ruangan ujian.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Balikpapan Tatang Sudirja mengatakan, awalnya ada 6.535 pendaftar melalui jalur online. Kemudian yang benar-benar menyerahkan berkas pendaftaran sebanyak 6.076.

Dari jumlah tersebut, 5.416 peserta lolos administrasi dan berhak mengikuti seleksi besok. Jadi, ada 660 yang tak lolos administrasi. Kartu ujian dan panggilan seleksi sudah dikirim ke masing-masing peserta melalui Pos Indonesia.

"Bagi yang mungkin belum mendapatkan kartu ujian, besok (hari ini, Red) masih bisa melapor ke BKD dengan membawa bukti pendaftaran," terangnya.

Dia menjelaskan, persiapan pelaksanaan ujian sudah rampung. Akan ada dua ruangan untuk ujian. Masing-masing ruangan kapasitas 50 peserta, namun hanya akan diisi 45 peserta saja.

"Jadi totalnya 90 peserta setiap rombongan. Jumlah komputer ada 100, masih sisa 10 komputer sebagai cadangan. Protapnya memang seperti itu," tambahnya.

Untuk satu kali rombongan ujian diberi waktu 90 menit. Dalam sehari akan ada lima kali rombongan ujian, sehingga menyelesaikan 450 peserta. Dengan jumlah peserta mencapai 5.416, maka untuk menyelesaikan ujian perlu waktu 12 hari. Pengawasan di ruangan akan dilakukan oleh tim dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), sementara tim BKD hanya melakukan pelayanan di luar ruangan.

BKD juga sudah menyurat kepada PLN supaya tidak ada pemadaman listrik saat sedang berlangsungnya ujian CPNS. SMK 1 sudah memiliki genset yang mumpuni jika memang terjadi pemadaman listrik yang tak terduga.

BALIKPAPAN - Kuota 137 formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Balikpapan tahun ini bakal diperebutkan 5.416 peserta. Besok, ujian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News