Edi Sukmoro Gantikan Ignasius Jonan Jabat Dirut KAI

Edi Sukmoro Gantikan Ignasius Jonan Jabat Dirut KAI
Mantan Dirut PT KAI Ignasius Jonan yang sekarang menjabat Menteri Perhubungan. Posisi Ignasius kini digantikan Edi Sukmoro. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Edi Sukmoro sebagai Direktur Utama PT KAI, mengantikan Ignasius Jonan yang saat ini sudah menjabat sebagai Menteri Perhubungan (Menhub) per tanggal 27 Oktober 2014. Sebelumnya Edi menjabat sebagai direktur Pengelolaan Aset dan Properti di PT KAI.

Acara serah terima jabatan (Sertijab) ini berlangsung tertutup untuk media dan berlangsung sekitar 45 menit.

"Tadi ada sedikit pisah sambut dengan direksi KAI dan Menhub Jonan. Beliau sebelumnya sebagai dirut PT KAI telah melepaskan jabatannya dan diganti Pak Edi Sukmoro, direktur pengelolaan aset dan properti di PT KAI," ujar Menteri BUMN Rini Soemarno di Kementerian BUMN, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (29/10).

Penunjukkan Edi ini kata Rini juga melibatkan Jonan. Mantan Menteri Perindustrian itu meminta masukan siapa calon pengganti dirinya, yang dirasa paling pantas memimpin KAI. Selain Edi, diakui Rini memang ada beberapa nama, namun, nama Edi dirasa yang paling cocok menjabat sebagai Dirut KAI. Ia dinilai tahu banyak mengenai seluk beluk KAI.

"Saya komunikasikan dengan Pak Jonan. Semua direktur KAI sudah mengikuti fit and proper test sebelumnya. Tentunya saya meminta masukan yang paling utama dari pak menteri sendiri (Jonan), karena beliau yang sudah berkecimpung selama 5 tahun di situ (KAI), tentunya beliau sudah tahu betul seluk beluk masing-masing direksi," serunya.

Setelah mengantongi nama Edi, ia langsung menginformasikan pada Presiden Joko Widodo, untuk meminta masukan. Setelah presiden menyetujui Edi menjadi Dirut KAI, Rini lantas menandatangani surat pengangkatan pria berkacamata itu.

"Kemarin juga saya sudah laporkan kepada presiden dan beliau menyetujui, karena itu tadi malam saya tandatangani pengangkatan Pak Edi (jadi Dirut KAI). (chi/jpnn)

 


JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menunjuk Edi Sukmoro sebagai Direktur Utama PT KAI, mengantikan Ignasius Jonan yang saat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News