MenPAN-RB Minta Arsip Nasional RI Lebih Gesit

MenPAN-RB Minta Arsip Nasional RI Lebih Gesit
MenPAN-RB Minta Arsip Nasional RI Lebih Gesit

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi meminta Arsip Nasional RI (ANRI) untuk jemput bola. Meski pelayanan ANRI sudah bagus, tapi masih perlu ditingkatkan lagi. 

“Tingkatkan pelayanan, jika perlu dengan jemput bola ke lapangan. Tampilan website harus mudah diakses oleh semua kalangan, jangan terlalu rumit,” ujarnya di Jakarta, Rabu (29/10).  

Dia mengingatkan agar ANRI memastikan semua kementerian dan lembaga untuk menyetorkan dokumen-dokumen yang menjadi arsipnya. “Bikin target, dimulai dari kementerian terlebih dahulu kemudian disusul dengan lembaga non kementerian. Jangan hanya dijadikan sebagai rutinitas kerja, tapi harus ada target atau capaian yang terukur,” ujarnya.

Dikatakan politikus Hanura ini, orang yang datang ke ANRI punya persepsi bahwa urusan negara pasti terdokumentasi di sini. Karena itu, perlu dipikirkan langkah tepat untuk bisa menarik dokumentasi yang masuk dalam kategori kearsipan nasional dari setiap kementerian dan lembaga.

“Misalnya ada mahasiswa mau riset tentang intelejen atau ada yang mau riset tentang operasi-operasi militer, kita harus sudah siapkan,” pungkasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi meminta Arsip Nasional RI (ANRI) untuk jemput


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News