Seorang Jaksa di Australia Dituduh Ajari Pacar Anaknya Berbohong

Seorang Jaksa di Australia Dituduh Ajari Pacar Anaknya Berbohong
Seorang Jaksa di Australia Dituduh Ajari Pacar Anaknya Berbohong

Margaret Cunneen SC, seorang jaksa senior di Australia, akan diperiksa oleh komisi anti korupsi ICAC karena dituduh mengajari seorang saksi bernama Sophia Tilley untuk berbohong.

Sophia adalah pacar Stephen Wyllie yang juga anak dari Jaksa Margaret. Dalam suatu kejadian tabrakan mobil, Margaret dan Stephen dituduh mengajari Sophia untuk berpura-pura sakit dada.

Tujuannya, agar mencegah petugas polisi yang ingin melakukan tes alkohol terhadap Sophia di lokasi tabrakan tersebut.

Atas tuduhan ini, pihak ICAC menyatakan akan memeriksa Jaksa Margaret, yang juga merupakan wakil kepala jaksa penuntut pada kejaksaan negara bagian New South Wales (NSW).

Menurut kepala kejaksaan NSW Brad Hazzard, Margaret telah setuju untuk sementara melepas jabatannya saat penyelidikan ICAC dilakukan.

"Perlu diingat bahwa setiap orang yang diperiksa ICAC harus dilihat dalam azas praduga tak bersalah," katanya.

Karena pemeriksaan ini melibatkan sosok senior penegak hukum di NSW, maka pihak ICAC pun menunjuk Alan MacSporran QC dari negara bagian Queensland untuk memimpin penyelidikan ini.

Pemeriksaan ICAC terhadap Jaksa Margaret akan dimulai 10 November mendatang. Peristiwa tabrakan itu sendiri dilaporkan terjadi akhir Mei lalu.


Margaret Cunneen SC, seorang jaksa senior di Australia, akan diperiksa oleh komisi anti korupsi ICAC karena dituduh mengajari seorang saksi bernama


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News