KemenPAN-RB Siapkan Sistem Pengelolaan Keluhan Publik

KemenPAN-RB Siapkan Sistem Pengelolaan Keluhan Publik
KemenPAN-RB Siapkan Sistem Pengelolaan Keluhan Publik

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mendorong masyarakat untuk berani mengadukan atau menyampaikan keluhan apabila mendapatkan perlakuan yang tidak baik dalam pelayanan publik. Untuk itu, KemenPAN-RB tengah menyiapkan sistem untuk menerima dan mengelola pengaduan masyarakat terkait layanan publik.

“Sekarang kami sedang membangun sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional yang terintegrasi mulai dari kementerian, lembaga dan pemerintah daerah,” ujar Yuddy dalam jumpa pers di kantornya, Kamis (30/10).

Menurut Yuddy, pengelolaan pengaduan masyarakat ini sejalan dengan program Kabinet Kerja Jokowi–JK yang mengharuskan pemerintah hadir di tengah masyarakat dalam bentuk pelayanan publik. Karena itu, nantinya sistem pengaduan dapat dapat menampung seluruh keluhan terhadap penyelenggara pelayanan publik.

Di samping itu, Yussy juga menjamin adanya tindak lanjut dari instansi berwenang atas pengaduan yang masuk. Hal itu sesuai dengan PermenPAN-RB nomor 24 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional.
 
"Saat ini telah tebit Peraturan MenPAN-RB Nomor 24 tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik. Peraturan Menteri ini berisi tentang tata cara, siapa yang harus merespon, kelembagaan pengelola pengaduan, harus transparan dan akuntabel," terangnya.(esy/jpnn)


JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi mendorong masyarakat untuk berani mengadukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News