KIH Siapkan Paripurna DPR Tandingan untuk Tekan KMP

KIH Siapkan Paripurna DPR Tandingan untuk Tekan KMP
Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Basarah (berbatik) dalam konferensi pers di DPR RI Kamis (30/10) tentang rencana Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menggelar paripurna DPR RI tandingan pada hari Jumat (31/10). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berupaya terus bertahan dengan DPR tandingan yang mereka bentuk. Rencananya, besok (31/10) KIH akan menggelar rapat paripurna DPR.

Ada dua hal yang menjadi agenda sidang DPR tandingan itu. Menurut Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan, Ahmad Basarah agenda pertama paripurna besok adalah menetapkan mosi tidak percaya kepada pimpinan DPR versi Koalisi Merah Putih (KMP).

"Kemudian agenda selanjutnya adalah membentuk atau menetapkan pimpinan DPR. Dan selanjutnya menetapkan anggota AKD dan badan," kata Basarah di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/10) malam.

Menurut Basarah, mosi tidak percaya terpaksa dilayangkan ke pimpinan DPR lantaran KIH merasa aspirasi mereka dinihilkan. Keinginan koalisi pendukung Joko Widodo-Jusuf Kalla itu untuk mendapat jatah posisi pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan (AKD) dianggap angin lalu oleh KMP.

Akibatnya, KIH merasa tidak bisa lagi mengawal aspirasi rakyat dengan baik. Padahal, kata Basarah, KIH mewakili aspirasi puluhan juta rakyat Indonesia.

"Sesungguhnya lima fraksi KIH memiliki 247 anggota yang mewakili sekitar 60 juta suara rakyat. Kami memiliki hak konstitusional untuk mengelola suara rakyat di parlemen," tuturnya.

Lebih lanjut Basarah mengatakan, anggota DPR dari KMP akan diundang menghadiri paripurna. Ia berharap, suasana khidmat prosesi tersebut dapat mengingatkan anggota KMP akan semangat gotong royong.

"Ini pesan moral kami kepada pendukung Prabowo-Hatta agar momentum ini bisa dijadikan bersama-sama untuk mengendurkan syaraf politik kita," pungkasnya.(dil/jpnn)

JAKARTA - Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berupaya terus bertahan dengan DPR tandingan yang mereka bentuk. Rencananya, besok (31/10) KIH akan menggelar


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News