Swedia Dukung Palestina, Israel Berang

Swedia Dukung Palestina, Israel Berang
Swedia Dukung Palestina, Israel Berang

jpnn.com - SWEDIA mendeklarasikan mendukung pembentukan negara Palestina. Menurut Menlu Swedia Margot Wallstrom Palestina sudah memenuhi syarat internasional untuk menjadi sebuah negara. Meski begitu, Swedia tetap berharap hubungannya dengan Israel tetap baik. Tapi langkah Swedia itu sepertinya mendapat respon negatif dari Israel.

Begitu mendengar dukungan Swedia terhadap Negara Palestina, Jerusalem berang. Apalagi, keputusan Swedia tersebut muncul bersamaan dengan kontroversi rencana Israel untuk membangun seribu unit rumah tambahan di Jerusalem Timur. Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman langsung mengutuk sikap Swedia itu.

’’Memalukan bagi pemerintah Swedia yang telah memilih langkah deklaratif seperti itu. Sebab, keputusan tersebut hanya akan mendatangkan keburukan,’’ ungkap Lieberman. 

Dia menambahkan, dukungan Swedia terhadap Negara Palestina itu justru akan meningkatkan penolakan Israel terhadap rencana pemerintahan Mahmoud Abbas tersebut. Ekstremis Israel, menurut dia, juga akan semakin nekat.

Beberapa waktu lalu, UE menyatakan akan mengakui Negara Palestina jika momentumnya sudah tepat. Sejauh ini, organisasi terbesar Eropa itu memang belum mengambil sikap apa pun terhadap Negara Palestina. Tetapi, UE juga tidak melarang 28 negara anggotanya mendukung Negara Palestina. UE hanya mengimbau agar perundingan damai dua negara berlanjut dan solusi dua negara bisa terwujud. (AP/AFP/hep/ami/mas)


SWEDIA mendeklarasikan mendukung pembentukan negara Palestina. Menurut Menlu Swedia Margot Wallstrom Palestina sudah memenuhi syarat internasional


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News