Manfaat Jeruk bagi Penderita Obesitas

Manfaat Jeruk bagi Penderita Obesitas
Buah jeruk memiliki manfaat bagi penderita obesitas. Foto: IST

jpnn.com - MANFAAT buah jeruk ternyata bukan hanya berasal dari banyaknya kandungan vitamin C di dalamnya, akan tetapi berbagai nutrisi maupun kalsium juga bisa kita temukan pada buah yang satu ini. Selain kaya nutrisi, buah ini juga ternyata rendah kalori, yaitu sekitar 29 kalori per 100 g, sehingga menjadikannya sebagai salah satu jenis buah dengan kadar kalori terendah dibanding buah-buah lainnya.

Buah berwarna jingga ini juga tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, tetapi kaya akan serat makanan sekitar 7.36 persen dari RDA. Asamnya jeruk pun bukan sembarang asam, karena mampu menjadi pengawet alami, membantu pencernaan sekaligus membantu melarutkan batu ginjal.

Satu lagi kandungan yang membuat jeruk ini spesial adalah mineral besi , tembaga , kalium , dan kalsium.

Nah kini ada satu lagi manfaat jeruk bagi kesehatan. Sebuah studi telah menemukan bahwa minum jus jeruk saat makan makanan berlemak mampu menurunkan berat badan loh.

" Kami melihat segala macam penipuan tentang gizi," kata Profesor Joseph Napoli, seperti dilansir laman Daily Mail, Kamis (30/10).

Para peneliti menemukan bahwa ketika tikus diberi makan makanan berlemak selama tiga bulan yang juga diberikan jus jeruk untuk minum mampu menurunkan berat badan hingga 18 persen.

Mereka juga memiliki kadar gula lebih rendah dan insulin, meskipun makan sejumlah kalori yang sama dan melakukan jumlah olahraga yang sama olahraga.

Bahkan, jus jeruk juga mampu mengendalikan insulin yang banyak digunakan sebagai metformin obat diabetes.

MANFAAT buah jeruk ternyata bukan hanya berasal dari banyaknya kandungan vitamin C di dalamnya, akan tetapi berbagai nutrisi maupun kalsium juga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News