Udang Pemalang Mutu Eksport

Udang Pemalang Mutu Eksport
Udang Pemalang Mutu Eksport

jpnn.com - PEMALANG - Udang laut asal Pemalang ternyata juga dieksport ke luar negeri melalui kota Cirebon, Jawa Barat.

Pengiriman udang laut ke luar negeri dilakukan oleh salah satu perusahaan yang berada di Cirebon, sedangkan para nelayan di Pemalang hanya mensuplainya ke perusahan tersebut

Pemilik depot ikan dan udang di Tanjungsari Kelurahan Sugihwaras Pemalang, Iwan Setiawan mengatakan, pengiriman udang dari Pemalang ke Cirebon dilakukan setiap hari antara lima hingga 10 kuintal per hari.

Jumlah tersebut termasuk kategori masih sedikit, sebab permintaan terus meningkat. Hasil tangkapan para nelayan di Pemalang yang tidak stabil menyebabkan kesulitan mendapatkan barang tersebut. "Hasil tangkapan kadang banyak kadang sedikit, itu yang menjadi kendala," ujar Iwan.

"Faktor cuaca juga menjadi penentu banyaknya hasil tangkapan oleh nelayan," lanjutnya.

Disampaikannya, faktor cuaca dan waktu di antaranya jika terjadi ombak besar, maka  sebagian besar nelayan tidak berani melaut, sehingga stok udang yang akan dikirim hanya sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali.

Untuk harga,udang hasil tangkapan dari para nelayan Pemalang selalu disesuaikan dengan kualitas udang yang ada, namun standarnya antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per kilogram, tergantung ukuraan dan kondisi barangnya.

Selain itu harga udang juga dipengaruhi oleh nila rupiah terhadap dollar AS. Apabila dollar AS menguat, maka harga jual juga tinggi. (rid/sri)


PEMALANG - Udang laut asal Pemalang ternyata juga dieksport ke luar negeri melalui kota Cirebon, Jawa Barat. Pengiriman udang laut ke luar negeri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News