Kucurkan Rp 3 M untuk Bantu Siswa Miskin

Kucurkan Rp 3 M untuk Bantu Siswa Miskin
Kucurkan Rp 3 M untuk Bantu Siswa Miskin

jpnn.com - BREBES - Upaya menekan angka putus sekolah nampaknya cukup serius dilakukan Bupati Brebes di wilayah setempat.

Selain menggratiskan biaya sekolah bagi anak dari keluarga tidak mampu dengan Kartu Brebes Cerdas (KBC), Pemkab juga menganggarkan Rp 3 miliar lebih untuk menopang Bantuan Siswa Miskin (BSM) dari APBD.

"Sudah disiapkan anggarannya sekitar Rp 3 miliar lebih dari APBD Perubahan tahun 2014 ini, rencananya dalam waktu dekat akan segera diluncurkan," ujar Bupati Brebes, Hj Idza Priyanti SE saat konpers, didampingi Sekda Emastoni Ezam dan Kabid Dikmen Disdik Brebes, Budi Adjar Pranoto MPd, kemarin.

Seperti diketahui, saat ini dunia pendidikan tengah digelontor berbagai anggaran batuan dari Pemerintah Pusat baik melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS), DAK maupun Bantuan Siswa Miskin (BSM).

Menurut Idza, kebijakan yang dikeluarkannya tidak lain adalah untuk semakin mendorong agar kualitas dan kuantitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Brebes lebih baik. BSM daerah yang akan segera diluncurkannya itu, tidak dalam bentuk uang tunai melainkan dalam bentuk barang perlatan kebutuhan dari siswa miskin.

"Yang sudah terdata ada sekitar 2.500 anak yang akan mendapat BSM Daerah, nanti bentuknya tidak uang tapi disesuaikan dengan kebutuhan siswa yang bersangkutan, bisa tas, sepatu, atau seragam dan sejenisnya," tutur dia.

Menurut dia, BSM yang bersumber dari APBD dan bentuknya barang itu merupakan bagian program pendukung pendidikan gratis, sebagai upaya untuk menekan angka putus sekolah di wilayahnya.

Sehingga, kedepan tidak ada alasan lagi anak tidak bersekolah karena terbentur biaya. Sebab, selain peralatan, biaya sekolah juga telah digratiskan bagi siswa yang tidak mampu.

BREBES - Upaya menekan angka putus sekolah nampaknya cukup serius dilakukan Bupati Brebes di wilayah setempat. Selain menggratiskan biaya sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News