Thailand Kuasai Komponen Otomotif

Thailand Kuasai Komponen Otomotif
Thailand Kuasai Komponen Otomotif

BANGKOK - Menjelang pemberlakuan pasar bebas ASEAN (MEA) akhir 2015, Thailand masih menjadi jawara di bidang otomotif, khususnya industri komponen. Bahkan, produk Thailand merajai pasar onderdil di Asia Tenggara. Indonesia tercatat sebagai negara tujuan terbesar produk komponen Negeri Gajah Putih tersebut.

''Indonesia menjadi negara tujuan ekspor (komponen otomotif) terbesar di luar Jepang dan Malaysia. Banyak produk kami yang masuk ke Indonesia,'' kata President of Thai Auto-Parts Manufacturers Association (TAPMA) Archana Limpaitoon dalam pertemuan dengan media Indonesia di kantor Thailand Automotive Institute (TAI), Bangkok.

TAPMA merupakan asosiasi yang beranggota sekitar 600 industri komponen otomotif di Thailand. Selain Indonesia, Jepang, dan Malaysia, produk komponen otomotif Thailand menyebar di Amerika Serikat (AS), India, Brasil, dan sejumlah negara Eropa.

Sebagian besar produk komponen tersebut masuk ke industri perakitan negara importer dalam bentuk terurai penuh (CKD). ''Produk komponen itu berupa roda dan komponen lain seperti aksesori yang dijual secara purnajual,'' jelasnya.

BANGKOK - Menjelang pemberlakuan pasar bebas ASEAN (MEA) akhir 2015, Thailand masih menjadi jawara di bidang otomotif, khususnya industri komponen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News