Pesawat Wisata Antariksa Meledak

Pesawat Wisata Antariksa Meledak
Pesawat Wisata Antariksa Meledak

jpnn.com - LOS ANGELES – Insiden yang melibatkan armada angkasa luar kembali terjadi di Amerika Serikat (AS). Jumat waktu setempat (31/10) atau kemarin pagi WIB (1/11), pesawat wisata angkasa luar SpaceShipTwo meledak tidak lama setelah lepas landas di Gurun Mojave, California, AS.

Seorang pilot tewas dalam insiden tersebut. Sedangkan seorang awak yang lain menderita luka serius.

Kemarin tayangan televisi memperlihatkan gambar puing-puing pesawat canggih milik Virgin Galactic itu berserakan di antara pasir dan debu. SpaceShipTwo meledak saat melakukan rangkaian uji terbang mengitari cakrawala.

”WhiteKnightTwo, pesawat berukuran lebih besar yang menggendong SpaceShipTwo, lepas landas pada pukul 09.20,” terang Stuart Witt.

Kepala Pangkalan Udara dan Landasan Pacu Angkasa Luar Mojave itu mengatakan bahwa WhiteKnightTwo melontarkan SpaceShipTwo sekitar 50 menit setelah terbang.

"SpaceShipTwo melesat pada pukul 10.10 ke ketinggian 13.700 meter dari tanah,” ujar Witt.

Sekitar dua menit kemudian keanehan terjadi. Pesawat itu meledak di udara dan bangkainya berhamburan ke segala arah. ”Dari mata telanjang, tidak ada keanehan yang terjadi. Tapi, saya bisa menangkap kejanggalan dari tayangan di dalam ruang pengamatan,” papar Witt.

Kopilot pesawat disebutkan tewas. Adapun pilot sempat melontarkan diri keluar dari pesawat, tetapi tetap terluka parah ketika ditemukan di sekitar lokasi jatuhnya pesawat.

LOS ANGELES – Insiden yang melibatkan armada angkasa luar kembali terjadi di Amerika Serikat (AS). Jumat waktu setempat (31/10) atau kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News