Optimis Kepuasan Pelayanan Haji Meningkat

Tiga Hari Jelang Akhir Pemulangan, 291 Jamaah Meninggal

Optimis Kepuasan Pelayanan Haji Meningkat
Optimis Kepuasan Pelayanan Haji Meningkat

jpnn.com - JAKARTA – Penyelenggaraan haji sudah memasuki tahap akhir. Pemulangan jamaah paling akhir dilaksanakan Rabu depan (5/11). Kementerian Agama (Kemenag) optimis hasil evaluasi penyelenggaraan haji berkesimpulan positif.

Selama ini evaluasi penyelenggaraan haji dilaksanakan lintas instansi. Diantaranya adalah Kemenag, Badan Pusat Statistik (BPS), dan DPR. Khusus untuk evaluasi dari BPS berupa survey kepuasan jamaah terhadap pelayanan haji.

’’Kita optimis hasil survei kepuasan jamaah haji tahun ini meningkat dibanding tahun lalu,’’ kata Itjen Kemenag Mochammad Jasin kemarin.

Survei kepuasan pelayanan haji periode 2013 sebesar 82,69 persen. Artinya sebanyak 82,69 persen jamaah haji yang menjadi sumber survei menyatakan puas terhadap pelayanan haji.

Catatan survei kepuasan haji 2013 itu meninggkat dari survei periode 2012 yang tercatat 81,32 persen.

’’Kita berkomitmen untuk menjaga peningkatan indeks survei kepuasan pelayanan haji itu. Kalau bisa meningkatnya signifikan,’’ tutur Jasin. Dia menjelaskan salah satu kompnen pendongkrak kepuasan jamaah haji adalah urusan pemondokan haji.

Mulai haji tahun ini, pemondokan yang disewa harus setara dengan hotel berbintang tiga. Survei kepuasan haji oleh BPS biasanya dikeluarkan Januari.

Sementara itu terkait dengan evaluasi internal Kemenag sendiri, Jasin mengatakan sudah selesai dilaksanakan. Namun ia tidak bisa membeber lebih detail, karena belum disampaikan ke Menag Lukman Hakim Saifuddin.

JAKARTA – Penyelenggaraan haji sudah memasuki tahap akhir. Pemulangan jamaah paling akhir dilaksanakan Rabu depan (5/11). Kementerian Agama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News