Angka Pengangguran di Pekanbaru Capai 29 Ribu JIwa

Angka Pengangguran di Pekanbaru Capai 29 Ribu JIwa
Angka Pengangguran di Pekanbaru Capai 29 Ribu JIwa

jpnn.com - ANGKA pengangguran di Kota Pekanbaru mencapai angka 29 ribu jiwa. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Johnny Sarikoen, jumlah tersebut berkisar 6,65 persen dari jumlah angkatan kerja yang mencapai 442.000 jiwa.

Kepada Riau Pos, Kamis (6/11) Johnny memaparkan, saat ini penduduk Kota Pekanbaru yang masuk dalam penduduk usia kerja mencapai 712.000 jiwa, dengan 442.000 diantaranya merupakan angkatan kerja. ‘’Setelah angkatan kerja ini terdiri dari dua bagian yaitu bekerja dan pengangguran yang mencapi 29 ribu jiwa,’’ terangnya.

Untuk mengurangai angka pengangguran ini, pihaknya terus mengupayakan agar angka tersebut berkurang dengan melakukan beberapa inovasi. Diantaranya dengan melakukan pelatihan yang dilakukan pihaknya, job fair dengan menggandeng pihak swasta metode pelatihan dengan pemberdayaan.

‘’Di antaranya berupa pelatihan berbasis kopetensi yang diperuntukkan bagi kebutuhan dunia industri seperti mekanik. Kemudian pelatihan berbasis masyarakat dengan pelatihan kerterampilan seperti sablon, salon dan lainnya. Sedangkan pelatihan berbasi pemagangan yaitu dengan mengarahkan langsung peserta pelatihan untuk bersentuhan langsung dengan dunia usaha,” jelasnya.

Sehingga diharapkan dengan melakukan metode Pemagangan tersebut, tenaga kerja langsung di mendapatkan  simulasi tentang dunia kerja. ‘’Tahun 2013 lalu dari 160 yang mengikuti metode pelatihan tersebut, ada sebanyak 132 naker yang langsung di rekrut oleh perusahan. Selebihnya tenaga kerja direkrut melalui Job Fair dan membuka usaha sendiri dengan ilmu yang telah didapatkan,’’ pungkasnya.(l)


Berita Selanjutnya:
Balita Terkubur Longsor

ANGKA pengangguran di Kota Pekanbaru mencapai angka 29 ribu jiwa. Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, Johnny Sarikoen, jumlah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News