Pemprov Kalbar Berharap Jembatan Kapuas III jadi Ikon Baru

Pemprov Kalbar Berharap Jembatan Kapuas III jadi Ikon Baru
Pemprov Kalbar Berharap Jembatan Kapuas III jadi Ikon Baru

jpnn.com - JAKARTA - Pemerintah provinsi Kalimatan Barat mengandalkan rancangan pembangunan Jembatan Kapuas III, yang menghubungkan Kabupaten Kubu Raya-Kabupaten Mempawah, saat Indonesia Infrastructure Week 2014, 5-7 November di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat.

Display Jembatan Kapuas III itu ditampilkan pada stand Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalbar, bersama dengan infrastruktur-infrastruktur yang sedang dan akan dibangun di Bumi Khatulistiwa. Termasuk pula jalan lingkar luar yang akan segera dibangun.

Estimasi biaya pembangunan Jembatan Kapuas III yang panjangnya lebih dari dua kilometer itu, kurang lebih Rp 1 triliun.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Provinsi Kalbar, Anugrah Rachmanto, menjelaskan bahwa saat ini Jembatan Kapuas III sudah dalam tahap perencanaan.

"Sekarang kita tampilkan display-nya. Mudah-mudahan bisa jadi ikon terbaru Kalbar," kata Anugerah kepada JPNN di stand pameran kemarin.

Jembatan Kapuas III itu direncanakan dibangun di Pulau Panjang. Menurut Rahmanto pembangunan Jembatan Kapuas III ini cukup mahal. "Kurang lebih Rp 800 miliar, cukup mahal juga karena sudah mendekati triliunan rupiah," ujarnya.

Anugrah mengatakan pembangunan Jembatan Kapuas III ini dananya akan disharing. Pemerintah Provinsi Kalbar bertanggungjawab untuk pembebasan lahan. Sedangkan pembangunan fisik menjadi tanggungjawab pemerintah pusat.

Dia mengatakan, nantinya Pemprov Kalbar akan melakukan pembebasan lahan terlebih dahulu. Rencananya, akan dimulai dan berakhir pada 2015, sehingga pada 2016 sudah bisa dilakukan penancapan tiang pertama untuk pembangunan.

JAKARTA - Pemerintah provinsi Kalimatan Barat mengandalkan rancangan pembangunan Jembatan Kapuas III, yang menghubungkan Kabupaten Kubu Raya-Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News