Dana Rp1 M Tiap Desa, DPRD Tunggu Pemerintah Pusat

Dana Rp1 M Tiap Desa, DPRD Tunggu Pemerintah Pusat
Dana Rp1 M Tiap Desa, DPRD Tunggu Pemerintah Pusat

jpnn.com - NEGERIKATON - Terkait terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 43/2014, Kepala Desa Purworejo (Kades) Zainal Abidin berharap DPRD Pesawaran dapat mengawal pelaksanaan PP tersebut.

Terutama, mengenai wacana program pusat yang akan menggelontorkan bantuan lebih kurang Rp1 miliar lebih untuk satu desa.

"Dengan terbitnya PP No. 43/2014 tentang Desa, saya berharap kepada anggota DPRD untuk mengawal undang-undang tentang desa ini. Anggaran Rp1 miliar lebih yang rencananya dialokasikan dari pusat ke desa dapat dikelola sumber daya manusia yang mumpuni," ungkap Zainal.

Jika program tersebut digelontorkan pemerintah pusat, hendaknya ada fasilitator teknik di masing-masing kecamatan yang dapat memantau dan mengelola secara langsung.

"Karena, apabila tidak ada SDM yang baik, kami selaku kepala desa justru khawatir program tersebut akan  menghantarkan kami selaku kepala desa  berusuan dengan hukum," jelasnya.

Menanggapinya, Ketua DPRD Pesawaran M. Nasir mengatakan, saat ini baik DPRD maupun pemerintah daerah masih menunggu kebijakan dari pusat.

"Kalau  anggaran tersebut sepertinya belum ada. Namun, kita akan tunggu kebijakan pemerintah pusat terhadap implementasi UU No. 3 dan PP No. 43/2014 tentang Desa khususnya realisasi dana sebesar Rp 1miliar tersebut," ucap Nasir. (ozi/c3/adi)


NEGERIKATON - Terkait terbitnya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 43/2014, Kepala Desa Purworejo (Kades)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News