Telkom Integrasikan Ekosistem Digital di Muara Angke

Telkom Integrasikan Ekosistem Digital di Muara Angke
Telkom Integrasikan Ekosistem Digital di Muara Angke

jpnn.com - JAKARTA - Sejalan dengan visi pemerintahan untuk mengembangkan poros maritim sebagai garda terdepan kemajuan dan kedaulatan bangsa, Presiden Joko Widodo telah meminta seluruh pihak untuk menyukseskan program 1000 Kampung Nelayan.

Perintah ini ditanggapi PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai salah satu perusahaan BUMN. Telkom langsung bergerak memberikan penguatan infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) di Kampung Nelayan.

"Infrastruktur ICT merupakan soft infrastructure yang tidak kalah penting dalam pengembangan Kampung Nelayan ini. ICT diharapkan mampu mengintegrasikan seluruh ekosistem yang terkait langsung dengan Kampung Nelayan secara digital," ujar  Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin di Jakarta, Selasa (11/11).

Di samping itu, sebagai bentuk nyata dukungan program pemerintah terkait pengembangan Kampung Nelayan, Telkom bekerjasama dengan UPT Pengelola Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PKPP dan PPI) - Muara Angke.

Awal menjelaskan kerjasama ini merupakan pilot project, sehingga diharapkan Kampung Nelayan Muara Angke menjadi prototype Kampung Nelayan yang terintegrasi secara digital, yang akan menjadi referensi untuk pengembangan Kampung Nelayan lainnya di Indonesia.

"Hal ini juga sejalan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru, terkait pendataan kapal dan monitoring penyaluran solar bersubsidi. Telkom berkomitmen untuk senantiasa membantu segala potensi bisnis yang ada di masyarakat," katanya.

Berbagai layanan telah disediakan oleh Telkom dalam program ini, seperti pemasangan akses WiFi sebanyak 21 Access Point di berbagai lokasi di kantor UPT dan TPI, pemasangan 5 titik CCTV, Mobile Combat penguat sinyal Telkomsel.

Serta TV Wall yang menyajikan content data up-to-date terkait informasi cuaca, informasi ketinggian gelombang laut, iklim harian, hingga harga ikan. Di samping itu, Telkom juga menyediakan aplikasi data terkait keperluan UPT PKPP dan PPI Muara Angke, seperti data kapal, data izin kapal, data ABK dan jumlah kapal yang berlayar dalam bentuk online.

JAKARTA - Sejalan dengan visi pemerintahan untuk mengembangkan poros maritim sebagai garda terdepan kemajuan dan kedaulatan bangsa, Presiden Joko

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News